Bawaslu Kalbar Kecam Pelaku Kekerasan Terhadap Panwascam Sungai Raya

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 563

Bawaslu Kalbar Kecam Pelaku Kekerasan Terhadap Panwascam Sungai Raya
Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalbar, mengecam tindakan sekelompok oknum yang melakukan kekerasan terhadap penyelenggara Pemilu, anggota Panwascam Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (1/2).

“Kami sangat mengecam keras terhadap kejadian ini. Karena penyerangan terhadap penyelenggara Pemilu yang mana tugas-tugas kami dilindungi oleh undang-undang,” tegas Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah, kepada awak di Pontianak.

Tindak penganiayaan terhadap salah satu anggota Panwascam ini, terjadi saat sekelompok orang datang ke Kantor Panwascam Sungai Raya.

Tindakan kekerasan ini diduga disebabkan ada pihak yang tidak senang Panwascam memanggil Kepala Desa (kades) Mekar Sari untuk mengklarifikasi laporan masyarakat bahwa kades tersebut berfoto dengan ekspresi menunjukkan jari telunjuk yang menyimbolkan pada salah paslon dalam Pilkada Kubu Raya 2018.

Atas kejadian tersebut, Bawaslu Kalbar tidak tinggal diam. Pihak berwenang diharap bisa segera mengusut tindakan kekerasan ini.

“Kami menegaskan di sini, Bawaslu meminta ini ditegakkan penanganan tindakan hukumnya. Jadi diproses sebagaimana mestinya, agar ini juga menjadi perhatian dan menjadi juga peringatan dan pencegahan. Ke depannya hanya sampai terulang,” katanya. (umr)