Dit Polairud Gelar Patroli Gabungan Antisipasi Kejahatan Perairan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 199

Dit Polairud Gelar Patroli Gabungan Antisipasi Kejahatan Perairan
Patroli yang digelar Ditpolairud Polda Kalbar. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Dit Polairud Polda Kalbar melakukan patroli gabungan untuk mengantisipasi masuknya peredaran narkotika ke wilayah Kalimantan Barat  melalui jalur perairan, bersama sejumlah unsur kemaritiman, di Mako Dit Polairud Polda Kalbar, Kamis (8/3) pagi.

Direktur Polairud Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi Rasad, mengatakan bahwa patroli tersebut juga dilakukan untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalbar.

Patroli tersebut dikatakan Alex, juga untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang telah terjadi, seperti penyelundupan narkoba di wilayah perairan Riau beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan penyelundupan narkoba dengan skala besar tersebut tidak lagi masuk melalui perairan Riau, namun bisa saja masuk melalui perairan Kalimantan Barat.

Adapun rute meliputi dua wilayah,  bagian Utara dan bagian Selatan. Untuk wilayah bagian Utara di antaranya Muara Jungkat, Pulau Datu, Pulau Temajuk, Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, Muara Pemangkat, Tanjung Datu, Perairan  Perairan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Sedangkan bagian selatan meliputi Perairan Muara Kubu, Padang Tikar, Pulau Bawal, Pulau Karimata, KKU, Ketapang, Kemdawangan dan Kuala Jelai.

"Targetnya adalah tindak pidana narkoba, dan penyelundupan lain, baik kapal maupun barang muatan," paparnya.

Patroli bersama tersebut dilakukan dengan unsur maritim yang terdiri dari Lantamal XII Pontianak, Bea Cukai, KSOP, PSDKP dan Dit Narkoba Polda Kalbar ini bertujuan untuk menjaga situasi perairan di wilayah Kalimantan Barat tetap aman. (rah)