Operasi Chips, Satpol PP Amankan Dua Truk Barang Bikin Kumuh Kota

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 129

Operasi Chips, Satpol PP Amankan Dua Truk Barang Bikin Kumuh Kota
Barang-barang yang membuat kumuh kota diamankan Satpol PP Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pontianak mengamankan dua truk barang-barang yang membuat kumuh kota, Selasa (13/3) subuh. Pengamanan itu merupakan operasi Cegah Kumuh Melalui Penertiban Subuh (Chips).

Kasatpol PP Pontianak, Syarifah Adriana menerangkan Chips sebenarnya menertibkan lapak-lapak pedagang yang ditinggal di lokasi dagang. Lapak itu di antaranya gerobak-gerobak yang berdiri di bahu jalan. Namun setahun berjalan, operasi ini sudah banyak dikenal, sehingga mereka yang berdagang lebih tertib.

"Masyarakat itu juga sekarang berhati-hati, setelah berjualan di malam hari gerobaknya di bawa pulang," katanya, Selasa (13/3).

Saat ini, Chips tak hanya menyasar gerobak pedagang, tapi juga baliho yang perlu ditertibkan. Apalagi saat ini banyak baliho bertebaran di kawasan Pontianak. Baliho yang rusak dan melanggar hukum otomatis diangkut. Di masa kampanye seperti sekarang, pihaknya pun berkoordinasi dengan Panwaslu dalam penertiban.

"Gerobak boleh dikatakan sekarang hampir sudah tidak ada, kemarin kita dapat di daerah Pasar Sentral. Mungkin dia lupa bawanya, ya kita tertibkan," ucapnya.

Adriana menerangkan sebenarnya untuk berdagang bisa tanpa izin, asal di tempat yang diperbolehkan. Untuk lokasi yang dilarang adalah jalan-jalan protokol seperti Jalan A Yani.

Dia menjelaskan Pemerintah tetap memberi ruang untuk Pedagang Kaki Lima (PKL). Hanya saja, usai berdagang harus dibersihkan.

"Nah, bukan saja orang berjualan, orang-orang ngembun pun, nongkrong yang bangku tinggal, kami ambil. Pernah waktu itu bangku-bangku tempat ngumpul kawan-kawan kita, kita ambil. Jadi memang apa yang mengganggu jalan dan kumuh itu kita bersihkan," bebernya. (bls)