Rektor Untan: Kurangi Tatap Muka dalam Sistem Perpajakan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 215

Rektor Untan: Kurangi Tatap Muka dalam Sistem Perpajakan
Rektor Untan, Thamrin Usman. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Thamrin Usman mengingatkan pentingnya membangun sistem perpajakan yang tanpa orang. Sistem pembayaran pajak harus mengurangi semaksimal mungkin kontak ke orang atau wajib pajak.

"Sistem yang dibangun tanpa orang dan sistem yang cerdas. Ini bermakna bahwa sistem yang kita bangun, siapapun bisa berkomunikasi dan menggunakannya," ucapnya usai Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan  Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kantor KPP Pratama Pontianak, Rabu (14/3).

Thamrin menyampaikan semakin mengurangi keterlibatan manusia, maka makin terhindar pula dari hal yang subjektif. Dalam sistem personless tersebut, dia tidak kenal suku, agama dan lainnya. Asal memenuhi syarat, semua akan dilanjutkan.

Dalam kesempatan itu, dia pun meminta KPP Pratama tak sekadar mengingatkan kemampuan mengumpulkan pajak tapi juga memunculkan item baru pajak. Tetapi itu semua harus berdasarkan keikhlasan dan kesadaran dari bangsa Indonesia bahwa pajak itu adalah kewajiban, bukan sesuatu yang membebani. (bls)