Gusti Syamsumin, Tokoh Politik Senior Kalbar Terbaring Sakit di Soedarso

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 873

Gusti Syamsumin, Tokoh Politik Senior Kalbar Terbaring Sakit di Soedarso
Sekretaris DPD Golkar Kalbar bersama pengurus menjenguk Gusti Syamsumin saat dirawat di RSUD Soedarso Pontianak. (ist)
PONTIANAK, SP – Tokoh politik senior Kalimantan Barat H Gusti Syamsumin saat ini tengah terbaring sakit di Ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak sejak Jumat (9/3) lalu.

Mantan Anggota DPR RI dari Partai Golkar dan calon Gubernur Kalbar periode 2003-2008 ini dikabarkan mengalami gangguan pernapasan, sehingga harus dirawat secara intensif.


“Beliau adalah guru politik bagi hampir semua tokoh-tokoh di Kalbar. Semoga Allah segera menyembuhkan penyakit beliau,” kata Sekretaris DPD Golkar Kalbar, Prabasa Anantatur, Kamis (15/3) malam.

Prabasa menceritakan, saat pertamakali mendengar kabar Gusti Syamsumin jatuh sakit, dia langsung mengajak seluruh pengurus DPD Golkar Kalbar untuk langsung menjenguk. Saat itu kebetulan bertepatan digelarnya Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) DPD Golkar di Hotel Orchardz Pontianak, Senin (12/3). 

“Beliau sempat bertanya keberadaan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Midji-Norsan. Kami sampaikan bahwa saat itu sedang ada kegiatan kampanye di Melawi dan Sintang,” ujarnya.

“Beliau juga langsung mendoakan agar pasangan Midji-Norsan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar pada Pilkada mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, setelah kembali ke Pontianak usai melaksanakan kampanye di daerah ulu Kalbar, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 Sutarmidji-Ria Norsan langsung menjenguk mantan Ketua DPD Golkar Kalbar itu, Kamis (15/3).

Dalam video yang diunggah calon Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di laman Facebook miliknya, Sutarmidji dan Ria Norsan terlihat berbincang-bincang dengan Syamsumin, meski selang oksigen di hidungnya.

Di akhir video sebelum pulang, Midji terlihat merebahkan dan memeluk Gusti Syamsumin seraya mengucapkan pamit.

Gusti Syamsumin adalah tokoh politik kelahiran Nanga Serawai, 22 Januari 1934. Pria yang memiliki empat orang anak ini pernah mencalonkan diri menjadi Gubernur Kalbar berpasangan dengan Sebastian Massardy Kaphat.

Walau akhirnya dia kalah suara dengan pasangan Usman Djafar dan LH Kadir lewat mekanisme pemungutan suara di DPRD Kalbar.

Selain itu dia menjadi Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Golkar periode 2004-2009 dengan perolehan suara 60.493.

Syamsumin juga tercatat pernah mengenyam pendidikan Sekolah Rakyat Singkawang tahun 1948. SMP Jurusan A  tahun 1953, SGA Pontianak tahun 1956, PGSLB tahun 1960 dan FKIP Untan Pontianak.

Dia juga sebelumnya adalah pegawai negeri sipil sejak tahun 1956, namun mulai tahun 1992 dia terjun ke dunia politik dengan menjadi Anggota DPRD Kalbar. Selain di partai Syamsumin terlibat di sejumlah organisiasi seperti PGRI, AMPI dan Gabungan Usaha Perbaikan Pendidikan Partai Golkar. (ang/berbagai sumber)