KPU: APK Baru Pasang Kadang Hilang Bahkan Dirusak

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 144

KPU: APK Baru Pasang Kadang Hilang Bahkan Dirusak
Alat Peraga Kampanye. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Hefni Supardi menyebutkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang KPU kadang ada yang hilang bahkan rusak, usai dipasang. Hal macam ini katanya sulit untuk diantisipasi.

"Masalah APK yang hilang atau oleh pihak tertentu disengaja dikoyak atau dirusak, itu yang sulit diantisipasi," katanya Minggu (18/3).

Dia mengatakan soal APK rusak atau hilang memang sudah diatur dalam peraturan KPU. Semua terkandung dalam PKPU pasal 30 dari ayat empat sampai enam.

Di ayat empat, dikatakan bahwa perawatan, pemeliharaan dan pembersihan atau penurunan APK yang telah diserahkan kepada tim kampanye paslon sebagimana dimaksud ayat satu menjadi tanggung jawab pasangan calon. Ayat lima mengatakan dalam hal terdapat kerusakan tim kampanye dapat mengganti yang rusak dengan APK yang sama dengan persetujuan KPU. Sementara dalam ayat enam, penggantian APK sebagaimana dimaksud ayat lima menjadi tanggung jawab paslon.

"Bahwa yang hilang atau yang sengaja dirusak itu memang sudah bukan lagi wilayah kewenangan KPU. Itu wilayah kewenangan paslon," imbuhnya.

Kemungkinan adanya pengrusakan APK paslon tidak dia pungkiri. Namun dalam aturan, dikatakan tidak ada kewajiban dari KPU untuk mengganti APK yang hilang atau sengaja dirusak tersebut. Beda hal dengan yang rusak karena kelalaian pihaknya dalam memasang. Seperti perangkat yang kurang kuat atau akibat cuaca. (bls)