Laporan Pemakai Narkoba di BNNK Pontianak Meningkat

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 168

Laporan Pemakai Narkoba di BNNK Pontianak Meningkat
Rapat kerja BNNK Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pontianak, AKBP Agus Sudiman mengungkapkan angka pengguna narkoba yang melapor ke BNN meningkat. Sampai kini setidaknya ada 400 orang pengguna yang melapor. Sementara yang tidak, kemungkinan bisa sepuluh kali lipat.

"Angka pengguna yang melapor meningkat, ada 400 orang, kalau yang tidak melapor wallahu a'lam, mungkin bisa sepuluh kali lipat," katanya dalam Rapat Kerja dengan Pemerintah Kota Pontianak, Selasa (20/3).

Dia menjelaskan kasus narkoba tidak hanya ditangani pihaknya. Ada juga pihak kepolisian. Namun secara umum, kasusnya meningkat dari tahun sebelumnya. Peningkatan juga terjadi pada pengguna narkoba yang melapor ke BNN, tapi tidak signifikan.

"Kesadaran orang melapor memang susah. Kalau dalam kondisi yang sudah sadar, ingin pulih, baru mereka melapor. Tapi kalau yang belum sadar, mungkin tidak tahu dan kita harap mereka punya kesadaran untuk melapor," katanya.

Mereka yang melapor akan di-assement untuk kemudian direhabilitasi. Layanan rehabilitasi itu pun dilakukan tanpa ada pungutan biaya alias gratis. Maka dari itu, dia meminta masyarakat melapor jika ada keluarga atau orang di lingkungannya yang jadi korban penyalahgunaan narkoba. (bls)