Pemkot Ingin Tugu Khatulistiwa Jadi Wisata Unggulan Kalbar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 186

Pemkot Ingin Tugu Khatulistiwa Jadi Wisata Unggulan Kalbar
Festival Titik Kulminasi di Tugu Khatulistiwa. (SP/Nana)
PONTIANAK, SP – Pemerintah Kota Pontianak ingin Tugu Khatulistiwa di Pontianak Utara jadi wisata unggulan Kalbar. Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah menjelaskan sebagai ibu kota provinsi, ada banyak objek wisata potensial di Pontianak. Objek-objek wisata ini bila dikembangkan, dapat jadi andalan sebagai daya tarik turis.

Saat ini, Kota Pontianak memiliki Istana Kadriyah, Masjid Jami', Makam Batulayang, Aloe-vera Center, Orchid Center, hutan kota di kawasan Untan Pontianak, sungai Kapuas sungai terpanjang di Indonesia dan tempat menarik lainnya untuk dikunjungi. Tak kalah penting, Pontianak punya Tugu Khatulistiwa yang keberadaannya menyatakan bahwa kota ini berada di lintasan garis tengah bumi yang membelah bumi bagian utara dan bagian selatan.

Fenomena alam kulminasi matahari yang terjadi di kawasan Tugu Khatulistiwa, di mana semua benda tegak lurus menjadi tidak ada bayangan tentu menarik perhatian. Kejadian ini terjadi dua kali dalam setahun. Tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Bersamaan dengan itu, ada beberapa fenomana alam lain yang terjadi di kawasan Tugu Khatulistiwa. Antara lain telur bisa berdiri, dan perbedaan arah perputaran aliran air antara yang terletak di bumi bagian utara dan bagian selatan.

“Kami berharap ke depan kawasan Tugu Khatulistiwa ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat. Apalagi saat ini telah ada pihak ketiga yang berinvestasi untuk mengembangkan kawasan ini,” katanya usai pembukaan acara Titik Kulminasi di Tugu Khatulistiwa, Rabu (21/3).

Mahmudah menambahkan, selain objek wisata, Kota Pontianak kaya akan berbagai seni dan budaya lokal dengan karakternya yang unik. Potensi itu menjadikan Pontianak memiliki nilai tambah tersendiri karena keberagaman budaya yang ada, yang dapat dipromosikan kepada masyarakat luas. (bls)