DPS Kota Pontianak 431.331

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 234

DPS Kota Pontianak 431.331
Ilustrasi. (net)
PONTIANAK, SP - Divisi Perencanaan dan Data, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Deni Nuliadi menjelaskan total daftar pemilih sementara Kota Pontianak saat ini berjumlah 431.331 pemilih. Hingga saat ini, jumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS) 1.274 yang tersebar di 29 kelurahan dan enam kecamatan.

"Data ini berbeda dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Data dari Dukcapil merupakan data DP4," jelasnya Kamis (22/3).

Dia menjelaskan dalam DP4 tersebut yang digunakan hanya daftar pemilih pemula dan pindahan, lalu digabungkan ke dalam form A1 KWK yang merupakan dasar pencoklitan dari PPDP. Adanya perbedaan antara data KPU dengan Dukcapil dikarenakan beberapa hal yang juga terjadi di daerah lain. Misalnya ada warga pindah domisili tanpa melaporkan atau mengurus administrasi penduduknya. Hal itu membuat tim PPDP di lapangan melakukan pencoretan karena ada data tapi tak ditemui orangnya di lapangan. Entah orang itu sudah pindah maupun rumahnya sudah dijual.

"Banyak juga warga yang keluarganya sudah meninggal dunia tapi tidak dilaporkan kepada Disdukcapil," katanya.

Data tersebut masih sementara dan diperkirakan baru akan ditetapkan tanggal 13 April - 19 April 2018. Sebelumn masa itu, data ini diumumkan di tingkat RT/RW dan Kelurahan. Pengumuman akan dilakukan tanggal 24 Maret - 2 April 2018. Dalam kurun waktu tersebut, masyarakat maupun tim paslon atau siapapun terkait informasi yang belum terdata, atau ada data yang ternyata salah penulisan di dalam daftar pemilih sementara akan diperbaiki atau ditambah. Namun jumlah itu juga bisa berkurangi apabila ada yang meninggal dunia, ganda atau ada hal lainnya.

DPS hasil perbaikan akan diplenokan dan direkapitulasikan di tingkat kelurahan lalu dilanjutkan di tingkat kecamatan hingga tingkat akhir di KPU. Barulah ditetapkan jadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bilamana sudah ditetapkan, dia menjelaskan jika ada masyarakat yang tidak terdaftar, saat pemilihan bisa langsung datang ke TPS dengan alamat yang sesuai dengan kartu identitasnya.

"Dia bisa memilih pada satu jam terakhir dari pukul 12.00 - 13.00. Dengan syarat membawa KTP-el atau Surat Keterangan," pungkasnya. (bls)