Penyelundupan Ratusan Botol Miras Malaysia Digagalkan

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 227

Penyelundupan Ratusan Botol Miras Malaysia Digagalkan
Pengamanan penyelundupan miras Malaysia. (ist)
PONTIANAK, SP - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) 123/Rajawali, telah mengamankan warga negara Malaysia membawa ratusan botol Minuman Keras (Miras) melalui jalur tikus, di Jalan Desa Sungai Mawang, Puring Kuncana, Kapuas Hulu, Selasa (20/3) lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, kepada awak media, di Media Center Kodam XII/Tanjungpura, Jalan Teuku Umar No 47, Pontianak, Kamis (22/3).

Dalam keterangannya, Tri Rana Subekti mengatakan, berdasarkan laporan dari Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 123/Rajawali Letkol Infanteri Akbar Nofrizal Yusananto, anggota Satgas Pamtas berhasil mengamankan warga negara Malaysia berinisial GD (47), yang membawa ratusan botol minuman keras beralkohol merek Benson dan King Way menggunakan kendaraan roda empat, yang diduga akan diselundupkan ke wilayah Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu.

“GD, warga negara Malaysia yang berdomisili di Desa Batu Lintang, Serawak, Malaysia, membawa sebanyak 200 botol dalam empat kardus merk Benson dan merk King Way sebanyak 168 kaleng dalam tujuh kardus dibawa melalui jalan yang tidak sah," katanya.

Modus yang digunakan tersangka yaitu menyembunyikan miras tersebut pada tumpukan paling bawah, bersamaan dengan barang lainnya berupa sembako yang ditumpuk secara rapi diletakkan paling bawah dan ditutup dengan terpal. 

Diketahui pula bahwa mobil tersebut melintasi jalan tikus dari arah Desa Batu Lintang, Malaysia, menuju ke arah Desa Puring Kencana.

“Jadi saat itu, anggota Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali yang bertugas di Pos Sei Mawang II, kendaraan dikejar dan diberhentikan serta dilakukan pemeriksaan sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Saat diperiksa, diketahui bahwa kendaraan tersebut membawa minuman keras beralkohol sebanyak 368 berupa kemasan botol dan kaleng.

Disampaikannya lagi bahwa tersangka GD (47) bersama barang bukti saat ini sudah diserahkan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali ke Kantor Polsek Puring Kencana. (rah)