Beras Rastra di Pontianak Utara Tak Layak Konsumsi

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 249

Beras Rastra di Pontianak Utara Tak Layak Konsumsi
Beras Rastra tak layak konsumsi dan tak sesuai timbangan. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Sejumlah warga Kota Pontianak mengeluh beras program beras sejahtera (Rastra) yang dibagikan pemerintah lewat Badan Urusan Logistik (Bulog). 

Beras yang dibagikan 10 kilogram per bulan itu dinilai tak layak. Keluhan ini datang dari warga RT 01 RW 17, Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak Utara.

Ketua RT setempat, Nurahman bercerita ada sekitar 30 dari total 33 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima rastra di wilayahnya yang menerima beras dalam keadaan buruk. Beras itu hitam, berdebu, berkutu, berbatu dan bau. Padahal semestinya beras yang diterima adalah beras jenis medium.

"Masyarakat komplain, setelah saya lihat berasnya memang tidak layak dikonsumsi, kasihan warga. Jadi warga ini seolah-olah, mentang-mentang dapat beras rastra masa disepelekan kayak gini," kisahnya, Jumat (23/3).

Rastra memang diberikan warga secara cuma-cuma. Namun ketika akan dimasak, perlu berkali-kali dicuci. Sebagian beras itu juga dimasak karena warga memang membutuhkan. 

Perkara timbangan beras, rata-rata warga di sana menerima sembilan kilogram ke atas. Dia cukup memaklumi. Kekurangan itu bisa jadi diakibatkan penurunan karung-karung beras yang menggunakan gancu. Keluhan ini sudah disampaikan ke lurah setempat lantaran titik distribusi ke warga dilakukan di sana.

Nurahman pun sempat bertanya dengan rekannya di wilayah lain, seperti Kelurahan Siantan Tengah dan Siantan Hilir, ternyata temuan beras yang tak sesuai dengan semestinya juga didapat. (bls)