Disdik Kalbar: UNBK Hari Pertama Lancar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 205

Disdik Kalbar: UNBK Hari Pertama Lancar
UNBK di SMAN 3 Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Pontianak, Wartoyo menjelaskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di sekolahnya berjalan lancar. Sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan tiga laboratorium.

"Masing-masing sesi sekitar 108 karena jumlah siswa kami 321, anak IPA 223 dan IPS 88," ucapnya Senin (9/4).

Hingga hari pertama ujian berlangsung, belum ada kendala berarti yang dirasakan. Dia menerangkan setengah jam sebelum ujian persiapan sudah dilakukan. Kurang dari 20 menit, para siswa disilakan masuk untuk mengerjakan administrasi. Ketika jam ujian mulai, anak langsung mengerjakan soal tanpa harus ribet administrasi.

"Kemarin kami menyisir yang fit dari sekolah itu 1 lab komputer dan dengan satu server, makanya untuk 3 lab kami masih kurang 80 dan dua server. Kami memberdayakan orang tua dan mendapat server 2 kemudian memberdayakan alumni mendapatkan 15 laptop," terangnya.

Untuk mencukupi kebutuhan, pihaknya menggunakan laptop milik siswa kelas X sejumlah sepuluh, dan 55 dari kelas XII.

"Itu memang harus kami upayakan meminjam supaya sukses di UNBK, total semua 80 laptop dan 40 PC jadi 120," ungkapnya.

Wartoyo menjelaskan hasil UNBK tidak terlalu mempengaruhi nilai kelulusan. Pihaknya menyebutkan untuk target perolehan prestasi, minimal mempertahankan di bawah SMAN 1.

"Untuk di kelas XII SMA 3 tidak ada yang sakit, kemarin ada yang patah tulang tapi sudah bisa ikut, kami juga melakukan pengetatan pengawasan kalau ada rilis kunci jawaban," ungkapnya.

Sementara itu Panitia Ujian Nasional Kalimantan Barat, Syafarudin menuturkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar memastikan pelaksanaan ujian nasional, baik itu UNBK dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) bisa berlangsung dengan lancar.

Pelaksanaan ujian SMA sederajat dilaksanakan mulai tanggal 9-12 April 2018. Sementara untuk SMP dilaksanakan 23-26 April 2018. (bls)