ASN Asal Landak Kedapatan Dukung Cagub Kalbar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 114

ASN Asal Landak Kedapatan Dukung Cagub Kalbar
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Pontianak, Irwan Manik Radja. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Panwaslu Kota Pontianak mendapat temuan terhadap satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari Kabupaten Landak ikut terlibat dalam kegiatan pasangan calon gubernur Kalbar di Hotel Mercure, Sabtu (14/4) lalu.

Temuan tersebut dibenarkan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Pontianak, Irwan Manik Radja, bahwa ASN tersebut saat ini sedang diproses untuk memasuki tahap berikutnya.

“Sekarang lagi kita proses, kita sudah sampai pada tahap temuan dan ini lagi diproses oleh bagian penindakan dan pelanggaran,” ujar Irwan.

Dikatakannya bahwa ASN atas nama HO pegawai salah satu instansi pemerintahan di Kabupaten Landak tersebut kedapatan mengenakan atribut dan menunjukkan simbol-simbol dari salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar.

Untuk memproses ASN yang bersangkutan tersebut, Irwan menyampaikan bahwa pihaknya telah mengantongi alat bukti berupa foto-foto dari yang bersangkutan.

Terkait dengan diberikan kepada siapa dukungan dari ASN tersebut, dia enggan untuk menjelaskan lebih rinci. “Nanti dicari saja lah,” imbuhnya.

Tindak lanjut yang akan diambil menyangkut dukungan tersebut, proses akan dilanjutkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara terkait masalah kode etik untuk ASN yang bersangkutan.

Dalam hal ini masalah tersebut tidak berdampak kepada pasangan calon sebab lebih murni kepada pelanggaran dari individu ASN. “Tidak ada berdampak kepada paslon,” tuturnya.

Saat ini disampaikan Irwan bahwa persoalan tersebut telah dikoordinasikan kepada Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat. Pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Bawaslu Provinsi. Sebab locus kejadian pelanggaran tersebut terjadi di wilayah Kota Pontianak. 

Dia mengaku menemukan sendiri pelanggaran tersebut. Sebab pada saat itu dirinya hadir mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu paslon tersebut. (rah)