DLH Pontianak Ajukan Proposal CSR untuk TPS Terapung

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 148

DLH Pontianak Ajukan Proposal CSR untuk TPS Terapung
Kepala DLH Pontianak, Tinorma. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pontianak, Tinorma Butarbutar mengungkapkan pihaknya memiliki rencana untuk membuat Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) terapung di sungai Kapuas. Lokasinya akan disebar enam sampai delapan titik di Pontianak Timur, Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara. Namun pihaknya masih kesulitan dana.

"Kita sudah mengajukan proposal kepada pelaku usaha agar membantu dengan CSR," ucapnya Senin (16/4).

Saat ini, baru perusahaan Wilmar yang memenuhi akan membantu dua TPS terapung. Keterbatasan anggaran memang jadi kendala. Setidaknya perlu dana Rp1 Miliar untuk membuat TPS terapung beserta perangkat pendukung seperti dermaga dan speedboat yang akan membawa TPS ke darat yang diangkut ke TPA Batulayang.

"Karena keterbatasan kita juga mengharapkan kerja sama, atau CSR dari pelaku usaha yang mau peduli dengan lingkungan," katanya.

Cara kerja TPS ini sama seperti TPS di darat. Hanya saja akan ditarik menggunakan speedboat bukan truk. Dermaga khusus akan dibuat di kawasan Pasar Puring. Dari sana, sampah itu dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batulayang lewat jalur darat. Dalam rancangan itu, TPS akan diangkat ke darat dengan penarik seperti magnet di dermaga, lalu dipindahkan langsung ke atas truk.

"Tepian sungai itu memang menjadi tanggung jawab kita juga karena masyarakat kita ada di situ, bagaimana
water front yang sudah ada bisa terpelihara dengan baik," ucapnya.

Tinorma menjelaskan biaya besar ada di pembuatan dermaga dan speedboat. Oleh karenanya pihaknya mendorong agar perusahaan dapat menggunakan dana CSR untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi CSR merupakan kewajiban perusahaan.

"Dia harus timbul bahan kuat karena di air. Makanya kita coba dulu di CSR, kurangnya baru di APBD. Target ada enam titik sampai 8 titik, tinggal kita koordinasi dengan lurah dan camat," pungkasnya. (bls)