Jalan Kebangkitan Nasional Pontianak Tak Punya TPS

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 232

Jalan Kebangkitan Nasional Pontianak Tak Punya TPS
Ilustrasi. (dok.Suara Pemred)
PONTIANAK, SP - Jalan Kebangkitan Nasional, Pontianak Utara hingga kini tak ada Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Camat Pontianak Utara, Aulia Candra menjelaskan selama ini kendala pembangunan TPS sementara di Jalan Kebangkitan Nasional diakibatkan keengganan warga. Mereka tidak mau lahannya dijadikan lokasi pembuangan sampah, meski menggunakan bak khusus dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Tidak ada warga yang mau lahannya dijadikan TPS karena memang terkait baunya, pengelolaannya, warga masih belum mau. Hal ini juga dipertanyakan di beberapa tempat," ucapnya, Senin (16/4).

Jalan yang memanjang tiga kilometer itu memang tak punya satu pun TPS. Walau ujung jalan ada TPA Batulayang, tetap saja jaraknya terlalu jauh dan biasanya, sampah dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan menggunakan truk. Bukan oleh masing-masing warga. Aulia menegaskan jika saja ada warga yang mau lahannya dipakai, tentu masalah ini bisa selesai. Namun sayang, hingga kini mereka keberatan.

"Kita bisa menyediakan tempat, tapi kalau warga sendiri keberatan kan susah. Ujung-ujungnya percuma juga," imbuhnya.

Dia menjelaskan selama ini, para warga membuang langsung sampah mereka ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batulayang. Jaraknya memang dekat. TPA berada di ujung jalan tersebut. Dari depan, kurang lebih sekitar tiga kilometer. Warga pun membuang sampah tersebut masing-masing.

"Kalau mau dikoordinir bisa juga dikoordinir RT, selama ini masyarakat membuang masing-masing. Tidak ada aturan kalau langsung dibuang ke TPA, asal mengikuti arahan petugas di TPA saja," pungkasnya. (bls)