Pemkot Perketat Pengawasan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 159

Pemkot Perketat Pengawasan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan
Aktivitas perdagangan di Pasar Flamboyan. (SP/Maryadi)
PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi S Tribowo mengatakan, pihaknya terus memantau ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan. Hal tersebut sebagai usaha agar stok yang ada bisa memenuhi peningkatan permintaan warga.

“Alhamdulillah sampai hari ini, untuk stok enam bulan ke depan, aman,” ungkapnya, Senin (16/4).

Pihaknya kerap mengawasi baik di tingkat distributor, subdistributor, agen dan sub agen. Jangan sampai stok-stok berkurang sehingga tidak mencukupi permintaan masyarakat di bulan Ramadan nanti.

Disinggung soal kelangkaan sejumlah sembako pada tahun lalu, Haryadi mengatakan akibat kurangnya transparansi rantai distribusi. Sehingga pihaknya tidak tahu ketersediaan stok-stok untuk daerah Pontianak.

Dengan adanya transparansi seperti sekarang ini, para distributor-disributor bisa melaporkan secara online ketersediaan stok.

“Kita akan mengadakan operasi pasar karena memang Ramadhan nanti permintaan masyarakat akan meningkat,” ujarnya.

Operasi pasar itu, bekerja sama dengan Bulog untuk menyediakan beras, gula pasir, minyak goreng dan lain sebagainya.

Selain itu, pihaknya akan bekerja sama dengan para pelaku usaha seperti UMN maupun UMD untuk membuka pasar murah di beberapa tempat untuk masyarakat yang kurang mampu.

Pantuan Suara Pemred di pasar Flamboyan, beberapa sembako memang tidak mengalami kenaikan signifikan. Menjelang H-30 Ramadan ini, harga tetap aman dan stok pun ditargetkan mencukupi. (adi)