Pengembangan Wisata Jangan Ikut Bali dan Jogja

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 100

Pengembangan Wisata Jangan Ikut Bali dan Jogja
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Doddy Riyadmadji menilai sektor wisata di Kalimantan Barat sangat potensial dan menjanjikan jika bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi ke depannya.

Namun Doddy mengatakan dalam upaya mengembangkan sektor wisata tersebut Kalbar tidak harus mengikut Bali atau pun Jogja yang memang sudah sangat terkenal untuk destinasi wisatanya hingga ke mancanegara.

"Kalau wisata kita jangan cerita ngikutin Bali atau Jogja, Bali dan Jogja itu sudah sangat berkembang luar biasa, nah kalau kita mau berkaca mungkin dengan melihat kota-kota yang masih belum berkembang seperti Jogja dan Bali," kata Doddy saat menghadiri sebuah acara di Transmart, Kubu Raya, belum lama ini.

Untuk wilayah atau kota yang sukses mengembangkan sektor pariwisata mereka diluar Bali dan Jogja kata Doddy mungkin bisa dijadikan rujukan bagi Kalbar sehingga nanti setiap potensi wisata yang ada bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi sehingga bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan ke wilayah ini.

"Nah untuk belajar yang bertahap seperti itu tentunya kita harus bisa memperhatikan secara seksama bagaimana kota-kota yang sudah berhasil mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing, " imbuhnya.

Yang terpenting sekarang untuk Kalbar lanjutnya adalah bagaimana membangun infrastruktur jalan yang memadai menuju lokasi-lokasi wisata yang menarik sebab sebagian besar lokasi wisata yang ada masih sulit dijangkau lantaran terkendala masalah infrastruktur tadi.

"Harus didukung oleh fasilitasi infrastruktur, persoalan mudah tidaknya angkutan menuju kelokasi itu juga kurang bisa menguntungkan jika tidak menjadi perhatian," lanjutnya.

Diakui Doddy, dirinya selalu menyerukan dan mengajak semua organisasi perangkat daerah terkait untuk terus berusaha mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Kalimantan Barat

"Kami di pemerintahan provinsi bersama organisasi perangkat daerah terkait juga selalu mengatakan ayo kita memulai dari hal yang mudah, keramah tamahan misalnya, seperti di Jogja sana orang dengan mudah tersenyum dan itu menjadi salah satu kunci juga, " tandasnya. (nak/ind)