KPU Pontianak Pastikan Penunjang Partisipasi Disabilitas dalam Pilkada

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 98

KPU Pontianak Pastikan Penunjang Partisipasi Disabilitas dalam Pilkada
Sosialisasi, Pendidikan dan Partisipasi Pemilih Disabilitas dalam Pilkada 2018 di Warung Kopi Aming, Selasa (17/4). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Komisioner Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Abdul Latief mengatakan KPU akan memfasilitasi semua pemilih dan orang yang dipilih. Pemilih tidak dibatasi apapun, kecuali faktor umur. Dalam hal ini, pilkada merupakan jalan untuk menentukan nasib lima tahun ke depan.

"Kampanye sudah berjalan dua bulan, dan masyarakat tentu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan (paslon Wali Kota Pontianak), itu tidak jadi sebab kita golput, antara ketiganya tentu ada yang terbaik, itu yang jadi pilihan," katanya.

Pilihan itu merupakan hak yang sayang kalau tidak digunakan. Pihaknya memang fokus untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebagai langkah persiapan Pilpres dan Pileg 2019.


"Ini jadi momen penting melihat bagaimana perpolitikan dan demokrasi kita bangun secara bersama," imbuhnya.

Salah satu sasaran peningkatan partisipasi memang ada di komunitas disabilitas. Dia memastikan akses ke TPS akan diikuti betul seusai undang-undang. Termasuk ketika melakukan pencoblosan. KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebagai penyelenggara dan pengawas sampai ke tingkat bawah. (bls)