Posyandu Mekar Sari Pontianak Selatan Enam Terbaik se-Indonesia

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 221

Posyandu Mekar Sari Pontianak Selatan Enam Terbaik se-Indonesia
Penilaian Posyandu Mekar Sari. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Posyandu Mekar Sari Kelurahan Pari Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, jadi enam Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) terbaik se-Indonesia. 

Masuknya Posyandu ini dilihat dari mewakili Provinsi Kalimantan Barat, dalam nominasi Posyandu terbaik se-Indonesia. Untuk kategori ini memang hanya ada enam Posyandu yang dinilai.

Posyandu yang beralamat di Komplek Bali Agung 2, Jalan Purnama itu dikunjungi tim verifikasi Posyandu Kementerian Kesehatan untuk dinilai. Angin segar berembus lantaran Menteri Kesehatan Indonesia, Nilla Djuwita Moeloek sempat singgah ke Posyandu sebelum dinilai, Selasa (17/4) pagi sebelum melanjutkan perjalanan ke Entikong, Kabupaten Sanggau.

"Kedatangannya (Menteri Kesehatan) mungkin satu pertanda baik bagi Posyandu kita," ucap Ketua Tim Penilai Posyandu, Syahrial.

Dari luar, Posyandu ini memang beda. Lingkungan sekitar dan pintu masuk sudah dipercantik warga. Kawasan itu terasa bersih dan asri. Aspek ini merupakan salah satu indikator penunjang Posyandu.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Tita Kadarsari menjelaskan, ada banyak terobosan yang dilakukan Posyandu Mekar Sari Pontianak. Seperti TPA, Tabungan Balita, Koperasi Simpan Pinjam, produksi jamu, fardhu kifayah dan beberapa lainnya. 

Menurutnya, apa yang dilakukan petugas Posyandu bisa menjadi nilai tambah. Meningkatnya peran serta masyarakat dalam mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB di Posyandu untuk menunjang tercapainya masyarakat sehat sejahtera tidak semudah menjentikkan kuku.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu bersyukur  Posyandu di Pontianak masuk dalam nominasi juara nasional. Sebagaimana telah disampaikan tim penilai, Posyandu adalah milik masyarakat untuk masyarakat dan bersama masyarakat.

Pihaknya sekadar melakukan pembinaan. Dalam perjalanannya pun, pembinaan ini melibatkan banyak pihak. Mulai dari bidang kesehatan, pemberdayaan masyarakat, kesra Pemkot Pontianak, Dinas Pertanian dan Pangan, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (bls)