Sutarmidji Beberkan Masalah Kalbar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 187

Sutarmidji Beberkan Masalah Kalbar
Sutarmidji. (ist)
PONTIANAK, SP - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berkunjung ke seluruh kabupaten/kota di Kalbar mulai Februari 2018 sesuai jadwal kampanye yang ditetapkan KPU.

Dari dialog yang dilakukan hingga ke pelosok itu, calon Gubernur nomor urut 3 ini merangkum sejumlah masalah klasik yang masih ditemukan.


"Saya berdialog langsung dengan masyarakat untuk mengetahui keluhan dan kebutuhan masyarakat," katanya, Selasa (17/4).

Setidaknya ada enam masalah pokok yang belum diselesaikan. Hasil temuan ini akan jadi dasarnya dalam membuat kebijakan ketika terpilih bersama Ria Norsan kelak.

Masalah pertama adalah akses jalan. Dia yang rutin mengambil jalur darat menuju pelosok melihat langsung bagaimana kondisi jalan yang parah. Jalan berupa tanah yang ketika hujan tidak bisa dilalui. Bahkan kendaraan harus dipikul oleh pengendaranya. Beberapa daerah tersebut adalah Menukung, Mayasopa Singkawang Timur, dan Manis Mata, Ketapang.

"Masalah kedua soal listrik, misal di daerah yang berada di  Singkawang Timur masih kedapatan belum ada aliran listrik. Ada juga daerah yang sudah teraliri listrik namun hanya pada saat malam hari saja, ketika siang hari akan padam," katanya.

Ketiga, belum adanya tower internet. Beberapa daerah masih juga belum mendapatkan akses internet seperti di daerah yang ada di Kabupaten Melawi dikarenakan belum ada tower internet. Beberapa daerah di Ambawang, Kubu Raya juga belum sepenuhnya mendapatkan akses internet karena minimnya tower tersebut.

Soal keempat adalah akses air bersih. Masyarakat Kalbar belum sepenuhnya bisa menikmati air bersih, mereka masih mengandalkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini ditemukan di beberapa daerah di Kayong Utara, Jawai Kabupaten Sambas, juga daerah Ambawang Kubu Raya.

"Kelima, soal sarana dan prasarana pendidikan yang belum memadai," ucapnya.

Masalah pendidikan bisa dilihat dari hampir seluruh daerah hulu dan hilir, sarana dan prasarana pendidikan masih kurang, bahkan untuk beberapa daerah yang hanya punya satu sekolah tingkat atas. Termasuk juga ketersediaan tenaga pendidik.

Terakhir, soal sarana dan prasarana kesehatan. Sebagaimana masalah pendidikan, banyak daerah belum banyak tersedia puskesmas maupun rumah sakit. Temuan tersebut hampir di seluruh daerah hulu dan hilir Kalbar.

Menurut Sutarmidji, masih banyak temuan lainnya yang tentu harus mendapat perhatian khusus Gubernur Kalbar mendatang. Keenam temuan tersebut sudah sejalan dengan visi misi dan program yang akan dilakukan oleh Midji-Norsan.

"Temuan tersebut prioritas kami dan sudah sesuai dengan visi misi Midji-Norsan," ungkapnya.

Jika Midji-Norsan terpilih maka fokus utama yang akan dilakukannya adalah perbaikan infrastruk, kesehatan, dan pendidikan. (bls)