Operasi Patuh Kapuas Fokus Penegakan Hukum

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 112

Operasi Patuh Kapuas Fokus Penegakan Hukum
Gelar pasukan Operasi Patuh Kapuas. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Polda Kalbar melaksanakan Operasi Patuh Kapuas serentak di seluruh Kalbar yang bersamaan juga dengan operasi yang sama diseluruh Indonesia.

Operasi ini, dalam rangka menyambut bulan Ramadan, yang lebih difokuskan pada sisi penegakan hukum terutama kelengkapan surat-menyurat kendaraan, dengan persentase 25 persen untuk kegiatan peeemtif, kemudian 25 persen preventif dan 50 persen penegakan hukum, yang akan dimulai tanggal 26 April 2018 hingga 9 Mei 2018.

Persiapan operasi itu, Polda melaksanakan apel gelar pasukan, di Jalan Rahadi Usman (depan Taman Alun Kapuas), Kamis (26/4) pagi.

Dalam apel yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono tersebut, dikatakannya bahwa untuk mengantisipasi segala dampak yang akan timbul akibat adanya modernisasi moda transportasi saat ini, untuk itu program-program penyelamatan kemanusiaan dalam berlalu lintas dapat diatasi dan ditanggulangi bersama-sama.

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum jalan, Polri diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban dalam berlalu lintas.

Selain itu Polri juga bertugas untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, serta membangun budaya tertib berlalu lintas.

Hal itu menurutnya tidak dapat hanya dilakukan oleh personel Polisi lalu lintas sendiri, untuk itulah diperlukan adanya sinergitas antara pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencapai solusi mengatasi masalah yang dapat diterima oleh semua pihak

“Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan dianggap tidak penting. Karena terburu-buru, karena ingin cepat dan seterusnya, sehingga mengabaikan keselamatan lalu lintasnya dan orang lain,” ujar Kapolda.

Menurutnya kesadaran keselamatan berlalu lintas masih dinilai rendah yang dimulai dari pejalan kaki hingga para pengendara. (rah)