Antisipasi Pendatang Mencurigakan, Dukcapil Pontianak Koordinasi RT

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 191

Antisipasi Pendatang Mencurigakan, Dukcapil Pontianak Koordinasi RT
Kadisdukcapil Pontianak, Suparma. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pontianak terus melakukan koordinasi dengan Rukun Tetangga (RT), untuk mengantisipasi pendatang mencurigakan. Terutama dari daerah pulau besar di luar Kalimantan yang selama ini kerap jadi basis perekrutan tindakan terorisme. 

"Untuk antisipasi teroris, dengan RT kita sering ada pertemuan, apa-apa dia lapor ke kita. Kecuali memang ada kita kecolongan, itu sudah lain lagi," katanya Senin (14/5).

Tiap ada pertemuan membahas pendaftaran penduduk, persoalan tersebut yang dia utamakan. Pihaknya memang sudah mewanti-wanti pendatang terutama dari pulau besar yang ada di Indonesia. 

"Selama ini kebanyakan yang direkrut berasal dari daerah sana. Waktu ada (terduga teroris) di Sambas pun dalam rapat kependudukan di provinsi diantisipasi," ucapnya. 

Suparma menjelaskan dalam hal ini Dukcapil menitikberatkan masalah kependudukan soal domisili penduduk. Warga Pontianak yang pindah otomatis tercatat selama mereka melapor. Namun setelah dia pindah keluar, Dukcapil tidak bisa mendeteksi apa yang mereka dikerjakan. 

"Kita antisipasi di pindah datang, dia tinggal di mana dan lainnya, dengan demikian kita cepat. Itu ada kerja sama dengan RT. Sekarang insyaallah dengan sistem berbasis NIK jadi tidak mudah," pungkasnya. (bls)