Pesparawi Nasional di Kalbar Datangkan Manfaat Bagi Semua

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 271

Pesparawi Nasional di Kalbar Datangkan Manfaat Bagi Semua
Pdt Paulus Ajong, Ketua PGIW Kalbar. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Kalbar, Pdt Paulus Ajong mengungkapkan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII di Kalbar, 29 Juli mendatang sebenarnya akan mendatangkan manfaat bagi seluruh masyarakat Kalbar di setiap kehidupan. Dia berharap sebagai tuan rumah, pelaksanaan itu bisa berjalan aman dan lancar. 

"Tentu Pesparawi sangat penting karena yang akan hadir di sini adalah utusan 34 provinsi di Indonesia, itu berarti peserta 8.000 lebih. Kalbar dalam aspek pariwisata dan ekonomi akan berdampak signifikan," ucapnya Selasa (15/5).

Pdt Paulus Ajong berharap situasi akhir-akhir ini tidak berdampak signifikan terhadap persiapan dan pelaksanaan nanti. PGWI pun berharap seluruh masyarakat Kalimantan Barat bisa mendukung, terutama semua lintas agama suku yang ada bisa saling kerja sama dan menghargai satu dengan yang lain. 

"Dalam kaitan itu kita tidak khawatir, kita sudah teruji, saling menghormati dan menghargai," imbuhnya. 

Dia menjelaskan Pesparawi adalah bagian dari pembinaan iman, dan di sisi lain juga merupakan seni budaya yang harus dikembangkan. Kalau di kalangan muslim ada MTQ, maka di kristen Pesparawi. Dengan jumlah peserta yang banyak, sudah pasti ekonomi ikut terdampak. 

"Mungkin kaki lima, toko souvenir dan pedagang apalagi hotel akan terdampak. Tinggal bagaimana kita menjaga kondusifitas di Kalbar," ujarnya. 

Lantaran Indonesia sangat majemuk dan hal ini adalah ciri khas keniscayaan bagi bangsa ini, keanekaragaman perlu dimaksimalkan manfaat positifnya. Hal itu bisa jadi angin segar bagi wisata budaya di negara Indonesia. 

"Kita terlibat langsung di kepanitiaan, gereja terbuka untuk sosialisasi dan kegiatan penyelenggaraan yang ada di Pontianak. Itu adalah wujud dukungan. Termasuk umat Kristen yang jadi panitia dan pelaksana kita harap bisa terlaksana baik, apalagi akan dihadiri Presiden," pungkasnya. (bls)