Laporkan Keluhan Pelayanan RSUD Pontianak Lewat SMS

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 558

Laporkan Keluhan Pelayanan RSUD Pontianak Lewat SMS
Pusat informasi RSUD Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Kota Pontianak membuka layanan pengaduan lewat pesan singkat di nomor 0812-5019-1007. Layanan ini masuk dalam program SIPPANDUMAS Kalkun Online yang merupakan pengelolaan penanganan pengaduan pelanggaran (masyarakat) terhadap pelayanan rumah sakit berbasis online. 

Di mana dengan aplikasi Kalkun, pihak rumah sakit menindaklanjuti pengaduan masyarakat lewat pesan singkat atau SMS gateway berbasis web yang dapat diimplementasikan pada server dan perangkat komunikasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan akses komunikasi antara rumah sakit dan masyarakat terhadap kualitas layanan rumah sakit. 

Direktur Utama Rumah Sakit Kota Pontianak, Yuliastuti Saripawan menjelaskan masyarakat bisa langsung mengakses atas ketidakpuasan pelayanan di rumah sakit. Pengaduan langsung ke rumah sakit akan memudahkan tindak lanjut yang harus dilakukan. Dalam aturan jelas bahwa aduan yang bisa ditanggapi hanya yang masuk secara resmi. 

"Selama ini kalau ada komplain tanggapan yang diberikan lama, dengan adanya ini bisa kita tindaklanjuti sesuai  tergantung dari jenis masalah. Ini upaya meningkatkan pelayanan publik," ucapnya, Rabu (16/5).

Selama ini masyarakat kerap mengadu di media sosial tanpa langsung memberikan laporan ke rumah sakit. Akibatnya, rumah sakit kesulitan melakukan konfirmasi dan mencarikan solusi. Adanya layanan lewat SMS akan memudahkan siapa saja untuk menyampaikan aduan. 

Selain layanan aduan lewat SMS, rumah sakit juga menyediakan pusat informasi di depan ruang rawat jalan. Ke depan hal sama akan disiapkan di ruang IGD. Untuk respon terhadap aduan, dia pastikan akan cepat. Namun untuk penyelesainnya tergantung dari jenis masalah yang dihadapi. Jika bisa diselesaikan saat itu juga, maka langsung diselesaikan. Akan tetapi jika diperlukan analisa atau kajian lebih lanjut, permasalahan akan ditangani tim dan follow up akan disampaikan terus kepada pelapor.

"Di sini ada meja yang bisa terima aduan langsung datang ke rumah sakit, bagi pasien yang istilahnya datang menerima pelayanan rumah sakit bisa langsung memberikan penilaian puas atau tidak. Rumah sakit akan melakukan SMS menanyakan bagaimana pelayanan, itu salah satu bentuk evaluasi kami," imbuhnya. 

Saripawan mengungkapkan layanan aduan ini merupakan yang pertama di rumah sakit yang ada di Kalbar. Selain layanan untuk melakukan laporan aduan, pihak rumah sakit juga berinovasi dengan menyediakan pendaftaran online. 

"Selama ini kita sudah manfaatkan IT, nanti masyarakat bisa mendaftar lewat HP aplikasi yang kita lakukan dalam waktu satu sampai tiga hari. Selama ini kita hanya datang ke tempat, sekarang bisa dari rumah bisa dapat nomor antrean, tapi masih dalam proses pembuatan," pungkasnya. (bls)