Berembuk Cari Solusi Soal PETI

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 340

Berembuk Cari Solusi Soal PETI
Rakor penanganan PETI. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mencari solusi penyelesaian Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Wilayah Kalimantan Barat, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Provinsi Kabar, Kamis (17/5) pagi.

Dalam Rakor ini turut hadir pimpinan-pimpinan kepala daerah, bupati dan wali kota, Kapolda, Danlanud Supadio, Danlantamal XII Pontianak, Pj Gubernur Kabar, perwakilan Pangdam XII Tanjungpura, Perwakilan Kejati Kalbar, serta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menyampaikan terima kasihnya karena telah difasilitasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebab menurutnya kegiatan PETI sudah sangat masif dilakukan di Kalbar, yang setidaknya dilakukan hampir diseluruh kabupaten/kota di Kalbar, terutama pada 11 kabupaten/kota.

Kegiatan PETI tersebut dikatakannya ada yang dilakukan di hutan-hutan, lahan-lahan terbuka dan di sungai-sungai.

“Kami dari jajaran Polda Kalbar selaku yang bertanggung jawab terhadap penegakan hukum, untuk melakukan penegakan terkait keberlangsungan lingkungan,” ujar Kapolda.

Setidaknya dikatakannya sudah tiga hal yang dilakukan mulai dari preemtif, preventif dan penegakan hukum. Namun masyarakat tidak semua dapat menerima hal yang dilakukan oleh pihak kepolisian tersebut, karena masyarakat mengatakan bahwa PETI ini terkait dengan masalah untuk perut.

“Selain dari masalah untuk perut ini, ada pihak penyedia dana, penyedia alat yang turut memfasilitasi kegiatan PETI,” ujarnya lagi.

Pertemuan tersebut nantinya diharapkan dapat menghasilkan output yang digarapkan adalah solusi, Polda Kalbar siap turut memecahkan solusi dari masalah ini.

“Bagaimana juga urusan lingkungan urusan kesehatan itu tanggung jawab kita bersama,” tandas Didi. (rah)