Polisi Tindak Balap Liar dan Konvoi Saat Sahur di Pontianak

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 373

Polisi Tindak Balap Liar dan Konvoi Saat Sahur di Pontianak
Polisi tengah mengamankan pelanggar lalu lintas saat subuh hari. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Satuan Lalulintas Polresta Pontianak melakukan patroli yang dilakukan di waktu sahur, yaitu pada pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB, yang dilakukan di beberapa wilayah yang sudah dipetakan sebelumnya.

Kegiatan tersebut dimulai sejak hari puasa pertama dilaksanakan, pada hari Kamis (17/5) pagi.

Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi aksi balap liar dan konvoi yang dilakukan oleh masyarakat dengan tanpa menggunakan helm.

“Kegiatan patroli sesuai pemetaan dan yang terjaring dilakukan penindakan dengan tilang dan motor diamankan sebagai jaminan tilang,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan tersebut, pihaknya menindak setidaknya 10 orang pengendara yang tidak menggunakan helm yang melakukan konvoi di jalanan.

“Ada bukan balap liar, tapi konvoi di jalan tidak  pakai helm tilang lebih kurang 10 kasus,” imbuhnya.

Setelah kegiatan tersebut dilakukan, pihaknya akan melakukan analisa dan evaluasi untuk menentukan tindakan selanjutnya, apakah kegiatan tersebut akan dilakukan setiap hari atau tidak.

“Kita anev, jika memang tidak ada yang balapan dan yang konvoi juga minim, sudah kami tindak dengan tilang, mungkin kami akan turun subuh Minggu,” ujarnya lagi.

Untuk itu, Salbiah mengimbau agar dibulan suci Ramadan ini masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban dengan tidak melakukan aksi yang dapat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya.

Dia mengajak terutama anak muda untuk dapat mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. (rah)