BPOM Cek Keamanan Pangan di Retail dan Pasar Pontianak

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 391

BPOM Cek Keamanan Pangan di Retail dan Pasar Pontianak
Pengecekan BPOM Kalbar. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalbar melakukan inspeksi mendadak di sejumlah retail modern, super market dan pasar di Kota Pontianak, Senin (21/5).

Intensifikasi pengawasan keamanan pangan tersebut untuk melakukan pengecekan keamanan produk-produk yang beredar di sejumlah pasar. 

Menurut Kepala BPOM Kalbar, Susan Gracia Arpan, selain dari bulan Ramadan, pihaknya rutin mengadakan kegiatan pengawasan. Sehingga pada bulan Ramadan ini dilakukan intensifikasi pengawasan.

Intensifikasi pengawasan tersebut menurutnya sudah mulai dilakukan sejak dua pekan sebelum memasuki bulan Ramadan dan nantinya akan kembali dilakukan seminggu setelah Ramadan dengan tujuh tahap.

Saat ini sudah memasuki tahap ketiga dimana sudah sekira sebanyak 25 sarana distribusi pangan yang sudah diawasi di dalam Kota Pontianak maupun di kabupaten/kota, sepert Kubu Raya, Melawi dan akan dilanjutkan ke daerah lainnya.

Dari 25 sarana tersebut, ada dua sarana yang tidak memenuhi syarat.

“Setiap minggu pasti turun dan ini adalah kegiatan pengawasan intensifikasi kami bersama dengan Disperindag Kota dan Dinas Kesehatan Kota,” ujarnya. 

Dalam sidak tersebut, BPOM terbagi bersama instansi terkait dalam tiga tim yang meyasar tiga target. Untuk tim pertama menuju retail modern yaitu Hypermart A Yani Mega Mall dan ke Carefour Mall Matahari. Sementara dua tim lainnya menuju wilayah Sungai Jawi dan ke wilayah Pontianak Utara. (rah)