Seorang ABK Jatuh di Sungai Kapuas Belum Ditemukan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 298

Seorang ABK Jatuh di Sungai Kapuas Belum Ditemukan
Upaya pencarian ABK yang jatuh di Kapuas. (ist)
KUBU RAYA, SP - Seorang anak buah kapal (ABK) yang bekerja di Kapal Keluarga Makmur Jaya II bernama Herman (36) terjatuh di perairan sungai Kapuas, di daerah Desa Sungai Ambangah, Sungai Raya, Selasa (22/5) malam.

Kepala Kantor Basarnas Pontianak, Hery Marantika membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, korban saat ini masih belum dapat ditemukan. Pihaknya pun masih melakukan pencarian.

Dia mengungkapkan, berdasarkan keterangan Ahmad Taufik, satu diantara saksi yang melihat peristiwa itu, korban diketahui jatuh sekitar pukul 21.30 WIB. Diduga korban jatuh karena terpeleset. Tak lama setelah jatuh, teman-teman korban sempat melihat korban berenang menuju tepian.

Lantas, kejadian itu langsung diberitahukan kepada nahkoda agar membelokkan kapal untuk menolong korban. Tapi, saat kapal sudah berada di posisi korban, korban pun sudah tidak terlihat lagi.

"Karena korban tak berhasil ditemukan, sekitar pukul 23.43 WIB kejadian tersebut langsung dilaporkan ke Basarnas. Yang melaporkan kejadian itu bapak Eko (pegawai Karantina Hewan Pontianak ) sesaat setelah kapal bersandar di dermaga," katanya.

Setelah mendapat laporan itu lantas kata Hery, Basarnas Pontianak langsung menurunkan satu tim rescue yang dilengkapi dengan peralatan evakuasi untuk melalukan proses pencarian.

"Tim rescue bersama unsur yang terlibat, saat ini masih melakukan penyisiran di permukaan di lokasi terakhir korban terjatuh. Sampai saat ini korban belum dapat ditemukan," ungkapnya.

Menurutnya, jika kondisi memungkinkan, tim penyelam juga akan diturunkan untuk menemukan korban tersebut. "Saat ini, Kasubsi Operasi bapak Ishak diarahkan mengawal langsung proses operasi pencarian dan pertolongan tersebut," pungkasnya. (abd)