Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018, Kembangkan Ide Kreatif Generasi Muda

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 363

Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018, Kembangkan Ide Kreatif Generasi Muda
PEMENANG – Para pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018 foto bersama. (Ist)
Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Untan, menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018. Kegiatan ini, diperuntukan untuk tingkat SMA/MA/SMK sederajat se-Kalimantan Barat.

SP - Adapun tema yang diangkat pada kegiatan ini, yakni “Meningkatkan Wawasan Generasi Muda Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Digital”. 

Puncak kegiatan ini, berupa pemaparan presentasi dari 10 besar finalis yang berhasil lolos pada tahap seleksi, yang dilaksanakan pada Sabtu, (12/5) lalu di Aula Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. 

Acara pembukaan dimulai pada pukul 08.20 WIB yang dimulai dengan laporan dari ketua panitia, Amarullah Rusdyllah, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri yaitu Agus Saputra, dan dari Kepala Program Studi Teknik Industri Universitas Tanjungpura, Mohammad Sofitra. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yaitu Muhammad Yusuf. 

Sepuluh finalis yang lolos pada tahap seleksi terdiri dari enam sekolah yang berasal dari Kota Pontianak yakni SMA Kristen Immanuel (2 Tim), SMA Swasta Mujahidin (2 Tim), MAN 2 Pontianak (2 Tim), SMA Negeri 1 Pontianak (1 Tim), SMK Negeri 2 Pontianak (2 Tim ) dan SMA Negeri 4 Pontianak (2 Tim). 

Persentasi sesi pertama dimulai pada pukul 09.05- 11.50 WIB. Dalam rangkaian acara persentasi, digelar pula mini workshop yakni memperlihatkan dan mengoperasikan hasil karya Alumni Teknik Industri Universitas Tanjungpura. Alat-alat yang diperlihatkan serta dioperasikan antara lain pengupas lada vertikal dan pemotong lidah buaya. 

Setelah itu presentasi sesi kedua dimulai yakni pada pukul 13.00-15.00 WIB. Setelah presentasi dari seluruh peserta selesai, kegiatan diisi dengan penampilan dari tim musik panitia LKI 2018 dan dimeriahkan pula dengan pembagian doorprize untuk para peserta. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada pukul 16.15 WIB. 

Juara 1 diraih oleh SMA Kristen Immanuel dengan judul karya “Pemanfaatan Air Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Herbisida”. 

Juara 2 diraih oleh SMK Negeri 2 Pontianak dengan judul karya “Bel Sekolah Otomatis Berbasis Atmega 328 dan DF Player mini MP3 ”. Juara 3 diraih oleh SMA Negeri 4 Pontianak dengan judul karya “Smart Energy of Casonel (Casing Solar Panel) berbasis Pemanfaatan Energi Matahari”. 

Hadiah pada Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018 berupa piala, sertifikat dan uang tunai untuk juara 1 sebesar Rp2.000.000, juara 2 sebesar Rp1.500.000 dan juara 3 sebesar Rp1.000.000. 

Pada Lomba Kreativitas dan Inovasi 2018 diberi juga plakat untuk 10 tim yang lolos seleksi.

Lomba diselenggarakan dengan harapan generasi muda berani dan dapat memiliki daya saing dalam mengembangkan ide-ide kreatif yang dapat dituangkan melalui karya tulis ilmiah, serta dapat merealisasikannya menjadi suatu produk yang dapat berguna untuk masyarakat. (*)