BK DPRD Kalbar Belum Ambil Tindakan pada Anggotanya yang Tertangkap Ngamar di Hotel

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 361

BK DPRD Kalbar Belum Ambil Tindakan pada Anggotanya yang Tertangkap Ngamar di Hotel
Ketua DPRD Kalbar, M Kebing. (dok SP)
PONTIANAK, SP – Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Kalbar hingga saat ini belum melakukan tindakan terhadap oknum anggota DPR Kalbar berinisial (TY), yang terjaring razia penyakit masyarakat karena kedapatan sedang beduan di salah satu kamar hotel di Kabupaten Sekadau, beberapa waktu lalu.

Ketua DPRD Kalbar, M Kebing mengatakan, belum dipanggilnya yang bersangkutan oleh BK DPRD lantaran belum ada laporan resmi dari intitusi kepolisian kepada pihak DPRD Provinsi Kalbar.

"BK itu ketika sudah ada laporan, atau surat resmi dari penegak hukum baru bisa bertindak atau ada pengaduan orang kepada BK. Sementara ini baru dengar dari surat kabar segala macam jadi kita belum bisa masuk ke ranah sana," terang Kebing saat ditemui seusai menghadiri acara buka puasa bersama di ruang serbaguna, DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (5/6).

Dengan belum adanya pengaduan atau laporan resmi kata Kebing, tentunya BK tidak bisa memanggil yang bersangkutan sebab syarat BK bekerja adalah adanya pengaduan atau ada surat dari intitusi hukum.

"Kalau ada surat dari aparat penegak hukum itu tinggal ditindaklanjuti. BK menunggu, karena ini kan lembaga etik, " imbuhnya.

"Kalau dari ada surat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah terlibat tindakan hukum pidana atau tipiring itu kan tinggal dilaksanakan, artinya ndak perlu etik lagi," lanjut Kebing.

Diketahui sebelumnya bahwa kepolisian Resort Sekadau malakukan razia terhadap tempat hiburan malam dan juga hotel yang ada di Kabupaten Sekadau untuk mencegah penyakit masyarakat pada Selasa (22/5) lalu.

Dalam operasi ini pihak kepolisian mengamankan beberapa pasangan di luar nikah yang kedapatan berduan di kamar hotel, dan salah satu yang berhasil diamankan tersebut adalah wakil rakyat yang menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Kalbar. (nak)