Hasil UN Kalbar Anjlok, Dewan Minta Dinas segera Lakukan Evaluasi

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 610

Hasil UN Kalbar Anjlok, Dewan Minta Dinas segera Lakukan Evaluasi
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, Markus Amid. (SP/Nak)
PONTIANAK, SP - Komisi V DPRD Provinsi Kalbar meminta agar Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar segera melakukan evaluasi terkait hasil Ujian Nasional (UN), khususnya bidang studi matematika yang anjlok.

“Saya kira ini harus menjadi pukulan besar untuk pemerintah Kalbar khususnya dinas terkait," ujar Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, Markus Amid, kemarin.

Penting kata Markus bagi Dinas Pendidikan untuk segera melihat dimana sebenarnya pokok persoalan yang jadi penyebab nilai matematika siswa ini bisa anjlok secara nasional.

"Apakah ini persoalannya ke guru atau bahan ajar atau dari anak didik sendiri.  Dinas harus segera mencari tahu,” pintanya.

Dengan dilakukannya evaluasi kata Markus maka pihak dinas harus menemukan solusi bagaimana ke depan memicu supaya kemunduran hasil ujian ini tidak terulang kembali.

"Harus menjadi cambuk untuk segera memperkuat kembali untuk pelajaran matematika ini," katanya.

Markus juga berharap agar standar Ujian Nasional ini bisa ditinjau ulang oleh pemerintah pusat apakah memang sudah standar dan sesuai kemampuan siswa atau tidak. Jika tidak maka dinas bisa mengkomunikasikan persoalan ini kepada pemerintah pusat.

"Kalau ini memang standarnya terlalu tinggi saya kira dinas bisa mengkomunikasikan  ke tingkat pusat seperti apa supaya tidak terjadi pengalaman seperti tahun ini," tutupnya. (nak)