Muara Sungai Kapuas Dikeruk, Armada Angkutan Air Siap Layani Arus Mudik

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 598

Muara Sungai Kapuas Dikeruk, Armada Angkutan Air Siap Layani Arus Mudik
ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP - Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Pontianak, Subu, mengatakan bahwa kondisi armada angkutan laut untuk angkutan Lebaran 2018 saat ini sudah siap.

Sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan uji petik terhadap armada yang digunakan.

“Kondisi sekarang sudah siap, baik kru maupun alat angkutan,” ujarnya.

Untuk antar pulau, sebanyak tiga kapal sudah dilakukan uji petik, kemudian lintasan sungai sebanyak tiga kapal, begitu juga lintasan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya ke Teluk Batang, KKU yang disediakan sebanyak tiga kapal.

Untuk pendangkalan yang terjadi di muara Sungai Kapuas yang berpotensi menghambat arus lalulintas air, dia mengatakan bahwa saat ini telah dilakukan pengerukan terhadap dasar sungai.

Pengerukan tersebut menurutnya akan terus dilakukan hingga kondisi dasar sungai dapat dilalui kapal dengan baik. Selain itu akan dilakukan pula pengaturan trafic di alur sungai.

“Sehingga ditegaskan tidak ada trafic yang berpapasan di alur, sehingga kapal aman untuk masuk dan keluar alur,” imbuhnya.

Berdasarkan pemantauan pihaknya, saat ini pelayaran sudah bisa dilakukan karena rambu navigasi telah dikelola baik oleh Navigasi. (rah)