Pemkot Pontianak Larang Kendaraan Berat Masuk Kota Mulai H-3 Lebaran

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 540

Pemkot Pontianak Larang Kendaraan Berat Masuk Kota Mulai H-3 Lebaran
Ilustrasi. (Rah)
PONTIANAK, SP - Pemerintah Kota Pontianak, melalui Dinas Perhubungan Kota Pontianak, memberlakukan larangan bagi kendaraan berat untuk masuk ke wilayah Kota Pontianak sejak tiga hari sebelum lebaran dan tiga hari lebaran pada pagi dan siang hari.

Larangan tersebut dilayangkan pemerintah Kota Pontianak dalam surat edaran Nomor: 108/SE/DISHUB/2018, tertanggal 4 Juni 2018, yang ditandatangani oleh PJs Walikota Pontianak, ditujukan bagi pemilik jasa angkutan barang.

Surat edaran tersebut disampaikan berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, Pasal 133 Junto pasal 67 dan pasal 68 Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisa Dampak Serta Manajemen Kebutuhan Lalulintas.

Larangan tersebut diberlakukan bagi jenis kendaraan truk roda enam ke atas, truk fuso, mobil molen dan tronton atau trailer.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan bahwa kendaraan berat tersebut dilarang beroperasi sejak pukul 06:00 WIB hingga pukul 23:30 WIB.

“Hanya boleh beroperasional pukul 20:30 WIB,” katanya.

Aturan tersebut menurutnya untuk menghindari adanya kemacetan yang terjadi. Sebab tiga hari sebelum lebaran diperkirakan kondisi jalan akan menjadi ramai.

“Apalagi untuk THR sudah keluar, tentu banyak yang akan berberlanja di pasar, termasuk di Sudirman,” ujarnya.
Selain itu untuk malam takbiran yang bertepatan dengan perhelatan pembukaan piala dunia, diperkirakan akan ada beberapa titik yang menjadi lokasi menonton oleh masyarakat.

Salah satu lokasinya yaitu di Jalan Setia Budi dan Jalan Hijas. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Sat Lantas Polresta untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah tersebut. (rah)