Angka Laka Lantas saat Lebaran Menurun

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 475

Angka Laka Lantas saat Lebaran Menurun
Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah
PONTIANAK, SP - Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, meski kecelakaan lalu lintas selama libur Idulfitri 2018 masih terjadi, namun angka korban laka fatalitas maupun meninggal dunia cenderung menurun.

Berdasarkan data Ops Ramadhania tahun 2017 (H 12) tercatat 10 angka kecelakaan dengan korban meninggal dunia 2 orang, luka berat 5 orang, luka ringan 11 orang, dengan nilai kerugian materil Rp34.850.000.

Sementara pada Ops Ketupat Kapuas 2018 (H 12) tercatat 6 kecelakaan, dengan 1 korban meninggal dunia, 2 luka berat, 8 luka ringan dengan kerugian materil Rp2.800.000. Penurunan terjadi sebanyak 4 kasus dengan persentase 40 persen.

Demi mengamankan arus balik liburan masyarakat di wilayah hukum Polresta Pontianak, pihaknya terus memantau kepadatan yang terjadi di lapangan untuk mengurai kepadatan. Bahkan pada Minggu (17/6), Salbiah tetap memantau kepadatan arus lalu lintas di wilayah Pontianak Utara hingga pukul 23:00 WIB.

Dia mengatakan bahwa walaupun tidak ada layanan kepada masyarakat, pihaknya membagi staf menjadi tiga bagian untuk membatu membackup pengamanan mulai dari simpang hotel Garuda hingga Tol Landak.

Berdasarkan pantauan pihaknya jika dilihat dari volume kendaraan, rata-rata menurutnya kendaraan bukan berasal dari masyarakat yang mudik, namun dari kendaraan yang berkunjung ke dalam kota ataupun kendaraan dari dalam kota yang berkunjung keluar kota untuk mengunjungi tempat-tempat wisata.

Terkait kendaraan yang cukup panjang mengantre pada Minggu (17/6) malam, dia mengatakan bahwa hal itu dikarenakan frekuensi kendaraan yang berangkat keluar kota untuk berlibur cukup besar, sehingga pada arus balik malam hari mengakibatkan kepadatan.

“Peningkatan jumlah volume kendaraan cukup padat mulai terjadi pada hari kedua dan ketiga lebaran. Kita mulai pengalihan itu hari kedua dan ketiga,” katanya.

Namun untuk hari Senin (18/6), sebab berdasarkan pantauan sejak pagi hari menurutnya arus lalulintas berlangsung normal.
Pengalihan arus yang dilakukan pada wilayah Tol Landak menurutnya tidak dilakukan secara penuh, namun dilakukan secara temporer dengan melihat kepadatan di lapangan.

“Karena sesuai dengan yang sudah kita lakukan sosialisasi, pemasangan spanduk dan banner, itu dari arah luar kota kendaraan roda empat kita alihkan ke Jalan Yam Sabran ke Ambawang langsung ke Tol II,” ujarnya. (rah)