Disdukcapil: Penduduk Pendatang Wajib Lapor

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 655

Disdukcapil: Penduduk Pendatang Wajib Lapor
Ribuan penumpang kapal tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak.(SP/Rah)
PONTIANAK, SP – Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak terus melalukan pemantauan terhadap penduduk yang masuk ke Kota Pontianak pasca Libur Lebaran 2018.

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Pontianak, Suparma mengatakan pemantauan dilakukan di lingkungan RT dan RW atau kecamatan dan kelurahan bagi warga yang baru masuk.

“Namun saat ini yang perlu diantisipasi katanya manakala ada masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan di Kota Pontianak,” katanya, Jumat (29/6).

Menurut Suparma, jika sifatnya merupakan mutasi penduduk, saat ini belum nampak, sebab tidak semua masyarakat pendatang ingin langsung pindah domisili.

“Cuma kan kalo yang tidak mau pindah kita kasi kartu identitas penduduk musiman (Kipem),” katanya.

Dia menyampaikan bahwa pendataan pada tingkat RT/RW hingga kecamatan sudah dilakukan karena pihaknya sering melakukan pertemuan dengan pihak RT dan RW.

Apalagi saat ini pihaknya membantu masyarakat yang ingin melapor dengan melakukan verifikasi NIK secara online yang langsung tersambung ke Disdukcapil Kota Pontianak.

Hingga saat ini permasalahan sosial terkait kependudukan di Kota Pontianak masih cenderung relatif dan umum saja dengan adanya batas toleransi.

 “2x24 jam kan harus lapor ke RT,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat yang baru masuk ke Kota Pontianak agar memiliki kesadaran untuk melapor kepada RT atau RW terdekat, untuk memudahkan pihak RT dalam melakukan pendataan.

Selain itu, hal ini juga untk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti masuknya orang asing yang bisa berbahaya. (rah)