Atlet Kodam XII/Tpr Raih Juara Atletik di Jateng

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 354

Atlet Kodam XII/Tpr Raih Juara Atletik di Jateng
Idham Halim Lestaluhu, atlet Kodam XII/Tpr raih juara tiga Kejuaraan Atletik Jateng Open 2018
PONTIANAK, SP - Idham Halim Lestaluhu salah satu di antara atlet Kodam XII/Tanjungpura, berhasil meraih juara tiga pada kejuaraan Atletik Jateng Open 2018, yang diselenggarakan di Gor Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (7/7) kemarin. 

Komandan Kontingen Kodam XII/Tpr, Kolonel Infanteri Haryadi mengatakan, saat ini para atlet Kontingen Porad Kodam XII/Tpr terus melakukan laga uji coba untuk menghadapi Pekan Olah Raga Angkatan Darat (PORAD) XIV 2018.

Para atlet Kodam XII/Tpr, khususnya cabang olah raga (Cabor) atletik, selama beberapa bulan terus mempersiapkan diri untuk berlomba dan bersaing dalam event Porad. Perhelatan olah raga ini akan diikuti oleh seluruh Kodam di jajaran TNI Angkatan Darat.

“Idam Halim Lestaluhu, meraih juara tiga dalam lomba lari 1500 meter pada kejuaraan Atletik Jateng Open 2018,” ujarnya membenarkan.

Menurutnya, para atlet harus banyak melakukan laga uji coba untuk mencari pengalaman. Selain itu, juga mesti bisa lebih maju selangkah dari atlet lainnya. Upaya ini bertujuan untuk melihat capaian hasil yang diperoleh selama seleksi dan latihan, guna berlaga di Pekan Olah Raga Angkatan Darat (PORAD).

Sebelumnya, Persatuan Sepakbola Angkatan Darat (PSAD) Kodam XII/Tanjungpura juga menggelar laga uji coba dengan tim kasta utama Liga Indonesia, PSIS Semarang di Stadion Bhumi Phala, Temanggung, Jawa Tengah, kemarin. Pertandingan ini sekaligus menjadi tolak ukur kekuatan tim sebelum berlaga di Pekan Olahraga Angkatan Darat (PORAD).

Komandan Kontingen Porad XII/Tpr, Kolonel Inf Haryadi mengatakan, dalam uji coba ketiga kali ini, Mahesa Jenar (Julukan PSIS Semarang) turun dengan kekuatan utama saat menghadapi tim PSAD Kodam XII/Tanjungpura, ini berbeda dengan dua laga uji coba sebelumnya.

“Tim Mahesa Jenar memasukan Frendi Saputra sebagai gelandang, dan Akbar Riansyah di posisi fullback kiri,” ujar Komandan Kontingen Porad XII/Tpr, Kolonel Inf Haryadi.

Sementara itu, menurut Taufiqurahman mantan pemain Persisam U-21, yang juga merupakan pelatih penjaga gawang PSAD Kodam XII/Tpr menilai, dalam jalannya pertandingan, kedua kesebelasan bermain apik, karena PSIS Semarang yang turun dengan kekuatan terbaiknya begitupun PSAD Kodam XII/Tpr.

Diakhir laga uji coba tersebut, kedua kesebelasan bermain apik dan dari kedua tim saling mendapat peluang untuk memperoleh hasil.

Untuk PSAD Kodam XII/Tpr, Dewi Fortuna belum berpihak, kemenangan ada di tim tim PSIS Semarang. 

Untuk diketahui, kedua tim menjadikan pertandingan ini sebagai laga pemanas. Pasalnya, PSIS Semarang tengah bersiap menghadapi Persib Bandung pada kompetisi Liga I Indonesia. Sedangkan tim PSAD Kodam XII/Tpr persiapan berlaga di ajang Pekan Olahraga TNI Angkatan Darat (PORAD).

Belum lama ini, PSAD Kodam XII/Tanjungpura juga sudah melakukan uji coba melawan beberapa tim sepak bola di Jawa Tengah, dan memperoleh hasil yang gemilang. 

Kolonel Inf Haryadi menyampaikan bahwa laga uji coba tersebut, disiapkan untuk menghadapi kejuaraan yang dihelat oleh TNI Angkatan Darat.

Untuk menjadi pemain sepak bola yang profesional, maka uji coba dan latihan fisik sepakbola harus dilakukan.

“Tentu saja pemain perlu memiliki fisik yang tangguh, karena harus berlari ke belakang dan ke depan,” katanya.

Untuk itu, belum lama ini, Tim PSAD Kodam XII/Tanjungpura, menjajal jogging track Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Bahkan, sebelumnya juga telah melakukan latihan di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Lebih jauh, Kolonel Inf Haryadi menyatakan, untuk setiap pemain tak hanya perlu mengetahui teknik dasar permainan sepak bola saja, namun latihan fisiknya. Upaya ini bertujuan, agar para pemain menjadi kuat ketika bermain di lapangan.

"Karena bermain dalam pertandingan tentu membutuhkan persiapan matang. Dan inilah sejumlah latihan fisik yang harus dilaksanakan,” paparnya.

Jadi, menurutnya melatih daya tahan tubuh tentu sangat penting bagi setiap pemain, karena hal ini jugalah yang menentukan apakah mereka mampu bertahan lama di tengah lapangan atau tidak.

Tim PSAD Kodam XII/Tanjungpura, di bawah asuhan Kolonel Inf Mulyono menargetkan medali emas pada ajang Pekan Olahraga TNI Angkatan Darat (PORAD).

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi mengatakan, pada Pekan Olahraga Angakatan Darat yang digelar setiap dua tahun sekali ini, para atlet Makodam XII/Tanjungpura akan mengikuti tujuh cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti, yaitu atletik, karate, volly ball, tenis lapangan, sepak bola, renang dan cabang olahraga tinju.

Dirinya berharap kepada semua atlet Kodam XII/Tanjungpura yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Angkatan Darat nanti bisa memberikan hasil yang terbaik dan dapat membanggakan kontingen Kodam XII/Tanjungpura pada Porad nantinya. 

"Latihan rutin yang telah di lakukan selama ini diharapkan dapat mempersembahan yang terbaik dan bisa membanggakan," kata Pangdam kepada seluruh atlet yang mewakili Kodam XII/Tanjungpura.

Pangdam juga mengatakan bahwa selain untuk menyiapkan atlet-atlet untuk Pekan Olahraga Angkatan Darat, atlet-atlet Kodam XII/Tanjungpura yang ada ini juga bisa diambil oleh Provinsi Kalbar atau daerah lainnya untuk mengikuti even-even olahraga di tingkat Nasional maupun di daerah, karena prestasi para atlet Kodam XII yang ada ini cukup memiliki prestasi yang bisa dibanggakan.

“Beberapa cabang olahraga seperti, terjun payung, karate dan cabang lainnya, sudah punya prestasi yang luar bisa, jadi jika Pemeritah Provinsi Kalbar bersedia untuk mengambil para atlet yang ada ini untuk mewakil Kalbar, silahkan saja,” ungkap Pangdam.

Sementara itu, salah seorang pelatih cabang Karate, Iwan Carlos mengatakan bahwa, untuk target pada Pekan Olahraga Angkatan Darat di Magelang ini, pihaknya menargetkan tiga emas.

“Kita targetkan tiga emas nantinya, kendati latihan dan TC yang di lakukan hanya dalam waktu tiga bulan, tapi target meraih emas pada PORAD di Magelang nanti, bisa terwujud,” tegas Carlos. (rah/bob)