Halalbihalal MABM Bersama Midji-Norsan, Gubernur Terpilih Sampaikan Pesan untuk Masyarakat Kalbar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 317

Halalbihalal MABM Bersama Midji-Norsan, Gubernur Terpilih Sampaikan Pesan untuk Masyarakat Kalbar
HALALBIHALAL - Calon Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji memberikan sambutan dalam Halalbihalal Majelis Adat Budaya Melayu Kalbar di Rumah Adat Melayu, Senin (9/7) malam. (SP/Nana)
Calon gubernur Kalbar, Sutarmidji mengajak semua yang hadir dalam Halalbihalal Majelis Adat Budaya Melayu Kalbar bersama Midji-Norsan untuk menjelaskan dan menyampaikan kepada saudara dari etnis lain dan bukan muslim, untuk tidak takut dengan kepemimpinanya.

SP - Wali Kota Pontianak ini memperdalam, setidaknya ada tiga hal yang mesti dijelaskan kepada saudara lain. Pertama, Islam mengatur tentang tata kelola pemerintahan yang luar biasa. Misalnya untuk urusan beda agama, di dalam surat al kafirun semua sudah jelas. 

"Selama ini dibilang ini itu, tapi tetap saya senyumin, jangan kita habis kan waktu untuk yang tak penting," katanya dalam Halalbihalal MABM Kalbar bersama Midji-Norsan di Rumah Adat Melayu, Senin (9/7) malam.

"Kemudian bagaimana beda etnis, dalam ajaran Islam, kita diciptakan bersuku bangsa untuk saling mengenal," tambah Midji.

Malah yang lebih hebat dan terakhir menurut Sutarmidji, dalam Islam ada yang bernama piagam atau konstitusi Madinah. Hanya sayangnya, negara belum mau menyosialisasikan hal tersebut. Padahal, kemajemukan yang jadi kekayaan bangsa diatur dengan luar biasa.

"Konstitusi Madinah paling hebat, mengatur kalau Madinah diserang dari luar maka semua etnis yang ada wajib mempertahankan Madinah. Ini kan luar biasa dan sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia," jelasnya.

Jika ketiga hal itu diterapkan, dia yakin pemimpin Islam bisa diterima di mana pun oleh siapa pun. 

"Itulah yang dimaksud dengan Kalbar Baru untuk semua," katanya.

Pasca terpilih, dia memastikan akan hadir untuk semua etnis, agama dan golongan. Sutarmidji mengaku, dalam Pilkada tetap ada power sharing, namun begitu terpilih, semua sekat tidak akan ada.

"Saya pastikan tidak akan melakukan pembahasan diskriminatif. Kita membangun sesuai kebutuhan masyarakat," pungkasnya. 

Sementara MABM Kalbar, Chairil Efendy dalam sambutannya mengucapkan maaf sebagai pembuka lantaran masih dalam suasana Idulfitri. Dia mengungkapkan kemenangan yang diraih Midji-Norsan adalah buah dari track record mereka sebagai pemimpin yang berhasil. 

"Kalau track record bagus, perjuangan berjalan lurus masyarakat memilih tulus. Itulah buahnya kemenangan yang kita peroleh saat ini, untuk itu kita ucapkan selamat kepada Bapak Sutarmidji dan Bapak Ria Norsan atas kemenangan ini, " katanya 

Chairil mengatakan bahwa masyarakat Kalimantan Barat begitu menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sosial dan politik sehingga mampu melahirkan pemimpin sesuai dengan yang diharapkan. Dia berharap pasang Midji-Norsan selalu diberi kesehatan dalam masa-masa mendatang sehingga mampu memimpin Kalimantan Barat menuju provinsi yang hebat sebagaimana Sutarmidji mampu membangun Kota Pontianak selama dua periode masa kepemimpinannya. 

"Kita doakan bersama semoga beliau berdua selalu sehat sehingga bisa memimpin Kalbar untuk masa lima tahun mendatang dan mampu membawa Kalimantan Barat menuju provinsi yang maju dan berkembang, " pungkasnya. (nana arianto/bls)