Kantor ASPEKINDO Kalbar Terbakar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 372

Kantor ASPEKINDO Kalbar Terbakar
TERBAKAR - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) berjibaku menjinakan api yang menjilat Kantor ASPEKINDO Kalbar, Selasa (10/7) siang. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Kantor Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia DPP Kalbar di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Pontianak Barat, terbakar, Selasa (10/7) siang.

Damkar Kota Pontianak dan sekitarnya secara sigap melakukan pemadaman api dengan memompa air dari parit yang ada di depan kantor tersebut.

Hanya sebentar asap sempat membumbung, namun dengan cepat dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran, hingga api tidak sampai menyebabkan kerusakan yang berarti.

Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Bermawis mengatakan bahwa kantor ASPEKINDO yang juga merupakan kafe dan tempat pencucian mobil tersebut juga merupakan rumah milik Joko Simajuntak (45) yang saat kejadian tidak berada di rumah. 

Menurut Bermawis, berdasarkan keterangan saksi, kebakaran tersebut berawal pada saat saksi berada di dalam rumah, kemudian terdengar suara letupan dari luar rumah.

“Merasa penasaran, saksi ke luar rumah untuk mengetahui perihal letupan tersebut,” ujar Bermawis.

Ketika sampai di luar, saksi melihat kabel listik sambungan PLN yang posisinya menyambung di atap rumah mengeluarkan api.

Kemudian saksi bergegas menuju PLN Sungai Jawi untuk memberitahukan perihal tersebut, karena api sudah terlihat menjalar ke atap, saksi menghubungi Polsek Pontianak Barat dan Pemadaman kebakaran untuk melaporkan kejadian tersebut.

Api dapat dikuasai dan dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sekitar 30 menit.

“Guna mencegah kebakaran susulan petugas Damkar tetap melakukan menyemprotan air ke area yang dekat dengan penyebab kebakaran,” tambahnya.

Dalam kejadian kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil yang tidak terlalu besar di karenakan api hanya membakar bagian atap rumah. Bahkan, kerugian korban pun belum dapat ditafsir.

“Terjadinya kebakaran rumah tersebut diindikasi akibat  korsleting kabel listrik sambungan dari PLN yang menghubungkan tiang listrik dengan rumah,” jelas Bermawis.

Kebakaran tidak begitu besar, sehingga tidak menjalar rumah sebelah yang berdampingan dengan rumah yang terbakar.

Kapolsek Pontianak Barat Kompol Bermawis, turun langsung ke lokasi dan memerintahkan, agar personelnya langsung merapat dan mengamankan lokasi sekitar TKP kebakaran, 

Pasalnya, lokasi berada di pinggir jalan alternatif, Kapolsek juga memerintahkan personel untuk menutup jalan dan mengarahkan pengguna kendaraan untuk melewati jalan alternatif lain, guna memperlancar petugas Damkar untuk memadamkan api. (rah/bob)