Sutarmidji: Pembangunan Kalbar Selaras Nawacita Jokowi

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 593

Sutarmidji: Pembangunan Kalbar Selaras Nawacita Jokowi
Sutarmidji saat bertemu Ketua MUI, KH Maaruf Amin. (IST)
PONTIANAK, SP - Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji menjelaskan pembangunan yang akan dilakukan selaras dengan nawacita yang digagas Presiden Jokowi di tingkat pusat. Terutama dalam hal infrastruktur, percepatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan investasi di Kalbar.

"Itu lah kita semua program selaras dengan yang di pusat," ucapnya Jumat (13/7).

Khusus untuk kemudahan investasi, dia memberikan catatan. Kemudahan akan didorong pada hilirisasi industri. Pengolahan dan produksi barang-barang mentah menjadi setengah jadi atau barang jadi.

"Jadi jangan hanya pertambangan, hilirisasi harus ada biar bisa serap banyak tenaga kerja. Terutama kita akan kawal pembangunan Pelabuhan Samudera karena dampaknya luar biasa," sebutnya.

Untuk infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi, dia akan membuka kawasan yang selama ini terisolir. Lantaran menurut Sutarmidji, sebenarnya ada daerah yang hanya dengan dibangun satu jembatan saja, pertumbuhannya bisa luar biasa cepat. 

Untuk mendukung itu semua, tentu perlu sumber daya manusia yang mumpuni. Dia memastikan di tahun ajaran depan akan merealisasikan pendidikan gratis sampai ke SMA/SMK. Bidang kesehatan, tahun depan juga akan membangun dan membenahi banyak rumah sakit. Termasuk RSUD Soedarso yang merupakan rumah sakit rujukan nasional, namun kondisinya bertolak belakang. 

"Saya nanti akan koordinasikan sama DPRD Provinsi kalau dapat FS dan DED rumah sakit sudah harus dibuat di perubahan anggaran tahun ini, dan saya berharap ini untuk kepentingan masyarakat Kalbar tidak ada hambatan sama sekali," tutupnya.

Sementara itu, berkaca pada kondisi politik jelang Pilpres 2019, di mana banyak kepala daerah yang diisukan maju atau jadi bakal calon wakil presiden, Sutarmidji enggan berkomentar. (bls)