Sertijab Kapolres Ketapang, Kapolda Sebut AKBP Sunario Bikin Kesalahan Cukup Serius

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 2640

Sertijab Kapolres Ketapang, Kapolda Sebut AKBP Sunario Bikin Kesalahan Cukup Serius
Sertijab Kapolres Ketapangbdipimpin Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono di Mapolda Kalbar Senin (16/7). ( SP/ Anugrah)
PONTIANAK, SP - AKBP Yuri Nurhidayat resmi menjabat sebagai Kapolres Ketapang, menggantikan AKBP Sunario. Serah terima jabatan (sertijab) dipimpin Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono di Mapolda Kalbar Senin (16/7).

"Hari ini secara resmi kami melakukan serah terima jabatan Kapolres Ketapang, dari pejabat sebelumnya AKBP Sunario kepada AKBP Yuri Nurhidayat," kata Didi Haryono.

Kapolda mengatakan, dalam sertijab ada sumpah bahwa jabatan tersebut merupakan amanah. Setiap pejabat publik memiliki konsekuensi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sehari-hari.

Setelah dilakukan pendalaman pemeriksaan terhadap AKBP Sunario, ada mekanisme yang seharusnya dilalui dalam kerjasama tersebut.

“Inilah merupakan satu konsekuensinya. Konsekuensi itu karena tidak dilalui, menurut aturan itu merupakan suatu kesalahan yang cukup serius,” katanya.

Kesalahan serius tersebut, menurut Didi dikarenakan berkaitan dengan hubungan antar negara. Sehingga pimpinan Polri mengambil kebijakan untuk dilakukan pendalaman terhadap kasus ini.

Terkait sejauh mana Polda Kalbar mengetahui kerjsama dan keberadaan kepolisian Tiongkok tersebut, Didi menuturkan bahwa mekanisme tersebut seharusnya dilakukan melalui Mabes Polri, melalui Divisi Hubinter.

“Nah Polda juga waktu itu juga kita belum tahu,” ucapnya.

Sebab pada tahun 2017 lalu pernah dilakukan kunjungan dari Kapolres Kabupaten Ketapang ke Tiongkok. Kunjungan tersebut menurut Didi diketahui dan memperoleh izin dari Mabes Polri pada sekira bulan Agutus atau September 2017.

“Nah setelah itu kan harus ada tindak lanjut lagi. Nah ini ada satu mekanisme yang tidak dilalui, semestinya ada satu mekanisme yang harus dilalui,” jelasnya.

Mekanisme yang tidak dilalui tersebutlah yang menyebabkan adanya konsekuensi yang harus dipertanggungjawaban oleh Kapolres Kabupaten Ketapang sebelumnya.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram SDM Polri yang ditandatangani langsung oleh As SDM Polri, Irjen Pol Arief Sulistyanto tertanggal 13 Juli 2018.

Dalam surat telegram tersebut, AKBP Sunario selaku Kapolres Ketapang dimutasikan sebagai Pamen Polda Kalbar (dalam rangka riksa).

Sementara itu, AKBP Yury Nurhidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kota Singkawang, dimutasikan sebagai Kapolres Kabupaten Ketapang.

Kapolres Kota Singkawang digantikan oleh AKBP Raymond Marcellino Masengi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kaden B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar. (anugrah)