Antisipasi Karhutla, Kalbar Siagakan Empat Helikopter Pengebom Air

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 428

Antisipasi Karhutla, Kalbar Siagakan Empat Helikopter Pengebom Air
Persiapan water bombing untuk penanganan Karhutla di Kalbar. (Dok SP)
PONTIANAK, SP - Badan Penanggunalang Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar telah menyiagakan empat helikopter pengebom air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan ( karhutla). 

Helikopter-helikopter tersebut standby di Bandara Supadio Pontianak untuk selalu siaga kapan pun diperlukan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

Kepala BPBD Provinsi Kalbar, Nyarong, Kamis (19/7), mengatakan bahwa PJ Gubernur Kalbar telah memerintahkan untuk melakukan pemadaman api dengan menggunakan helikopter di daerah Kecamatan Nanga Tepuai, Kabupaten Kapuas Hulu.

“Hari ini dua buah heli sudah meluncur jam tujuh pagi tadi ke TKP," ungkapnya.

Selain empat buah helikopter yang telah disiagakan tersebut, pihaknya juga kembali meminta penambahan dua buah helikopter lagi yang direncanakan akan datang dalam waktu dekat.

“Jadi seluruh heli yang akan datang enam buah dari Jakarta atau dari Singapura,” imbuhnya.

Satgas patroli udara dan water bombing ini menurutnya sudah cukup maksimal dengan mengajukan bantuan helikopter dan reposisi penempatan helikopter tersebut pada daerah yang memerlukan.

Dalam pemadaman menggunakan helikopter ini dia mengharapkan agar setiap kepada daerah atau kepala BPBD di daerah untuk menghitung dan mempersiapkan kebutuhan bahan bakar aftur.

Untuk itu helikopter ini harus ditempatkan di wilayah yaitu Kabupaten Sintang, Kabupaten Ketapang dan Kota Singkawang untuk lebih menghemat dan mempermudah kerja pemadaman api.

Penempatan tersebut juga harus terjamin dengan adanya surat pengajuan yang ada terkait penempatannya untuk menjamin apakah helikopter tersebut bisa aman, terkecuali wilayah yang memiliki bandara sendiri dengan adanya surat kepala bandara yang dikomunikasikan kepala BNPB masing-masing. (anugrah)