Kejahatan Jalanan Jadi Atensi Polresta Pontianak

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 338

Kejahatan Jalanan Jadi Atensi Polresta Pontianak
Ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP - Kejahatan jalanan yang masing sering terjadi di wilayah hukum Polresta Pontianak, tak ayal persoalan ini menjadi atensi, terlebih menjelang SEA Games yang akan dilakukan di Indonesia.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol M Husni Ramli mengatakan, untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan ada beberapa hal yang menjadi atensi.

Atensi tersebut termasuk yang datang dari Mabes Polri, terkait Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD).

Salah satu tujuan dilaksanakannya KKYD ini, selain untuk keamanan itu sendiri, juga terkait dengan menjelang dilaksanakannya SEA Games di Indonesia.

“Dimana ada beberapa yang dilakukan oleh Polresta Pontianak, yaitu dari semua fungsi,” katanya, Rabu (18/7).

Instruksi tersebut telah diberikan langsung oleh Kapolresta Pontianak, salah satunya Satreskrim yang meningkatkan kegiatan penyelidikan dan Kring reskrim yang juga lebih ditingkatkan.

“Dimana ada beberapa kegiatan hampir setiap hari, terkait premanisme dan pengungkapan kasus-kasus 4C,” imbuhnya.

Berdasarkan data dalam satu bulan terakhir ini sejak kegiatan ini ditingkatkan, termasuk sebelum dilaksanakannya Pilkada, terjadi penurunan yang cukup drastis terhadap kejahatan 4C.

“Namun untuk ke depan, tetap akan kita pertahankan,” ucap Husni.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan fungsi-fungsi lain terkait dengan pencegahan tindak kejahatan, sehingga tidak terjadi kasus-kasus 4C.

Mengenai dengan pengungkapan kasus, pihaknya juga terus melakukan pengungkapan termasuk menyampaikan rilis kepada masyarakat.

Terkait dengan antisipasi terorisme, saat ini Satgas ada pada tingkat Polda. Namun di wilayah pihaknya tetap melaksanakan kegiatan penyelidikan dan pendalaman terkait jaringan-jaringan terorisme.

“Selain itu kita juga berkoordinasi dengan Densus, terkait apabila ada jaringan di wilayah Polresta Pontianak,” jelasnya. (rah/bob)