BPK RI Hitung Kerugian Uang Negara atas Dugaan Korupsi di PTPN XIII

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 1321

BPK RI Hitung Kerugian Uang Negara atas Dugaan Korupsi di PTPN XIII
Kantor PTPN XIII Kalbar. (Ist)
PONTIANAK, SP - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI masih melakukan penghitungan terhadap angka kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi di PT Perkebunan Nusantara XIII, yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Kalbar.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalbar, Sugiono usai acara Dzikir Akbar membangun sinergi, menjaga negeri di Kantor Kejaksaan Tinggi Kalbar, Jumat (20/7), bertepatan dengan Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tahun 2018.

Menurut Sugiono, kasus dugaan korupsi pada PT PN XIII yang masih dalam tahap penghitungan kerugian negara, dipastikan akan naik hingga ke pengadilan.

“InsyaAllah nanti akan naik,” katanya.

Saat ini untuk kasus PT PN XIII terdapat tiga orang yang masih diperiksa, namun pihaknya masih melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait, untuk melakukan perhitungan kerugian negara yang dilakukan oleh BPK pusat.

“Lagi dihitung,” imbuhnya.

Para terperiksa tersebut menurutnya saat ini belum dilakukan penahanan dikarenakan masih dalam tahap perhitungan. 

Untuk melakukan perhitungan terhadap angka kerugian negara ini katanya, memerlukan waktu yang cukup lama, dengan berbagai prosedur yang ada.

Para tersangka yang diperiksa tersebut beberapa berada pada posisi manejer operasional hingga direktur. Sementara salah satu yang telah diperiksa sebelumnya di luar dari tiga orang tersebut telah meninggal dunia.

“Sehingga diungkapkan untuk kasus yang lain. Kalau ngak salah tiga orang tersangka yang akan diangkat,” imbuhnya.

Dalam upaya memperjelas kasus ini, pihaknya juga telah cukup banyak memeriksa saksi dan mengumpulkan dokumen-dokumen dalam waktu yang cukup lama. (rah)