Kapolda Imbau Masyarakat Budayakan Bersepeda

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 455

Kapolda Imbau Masyarakat Budayakan Bersepeda
Ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP - Kapolda Kalimantan Barat Irjen (Pol) Didi Haryono meminta kepada pemerintah kabupaten/kota mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, khususnya kepada ASN dan pelajar untuk membudayakan pergi ke kantor dan ke sekolah dengan bersepeda. 

"Banyak sekali manfaat bersepeda, setidaknya ada tiga, pertama ramah lingkungan, kemudian menyehatkan dan yang ketiga mengurangi polusi akibat asap kendaraan," kata Didi Haryono di Pontianak, Kamis (9/8).

Di samping itu, selain banyak manfaatnya, bersepeda juga dapat dijadikan ajang berkomunikasi berkumpulnya masyarakat dari segala kalangan dengan membentuk komunitas sepeda. 

"Untuk itu saya meminta kepada Pemprov Kalbar maupun kabupaten/kota untuk mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat dalam membudayakan olahraga bersepeda," katanya.

Sementara itu, Kadis Disporapar Kalbar, Natalia dalam kesempatan yang sama mengatakan kampaye bersepeda itu merupakan transpotasi yang benar-benar menyehatkan dan ramah lingkungan.

"Kami menyambut baik kampaye bersepeda yang di kampayekan oleh Polda Kalbar ini," katanya.

Untuk menindaklanjuti hal itu, ke depan Pemprov Kalbar akan mengagendakan agar ASN dapat bersepeda ke kantor pada hari tertentu. 

"Ini sebagai dukungan kami dengan maksudkan agar masyarakat dapat melihat dan ikut dalam membudayakan bersepeda," katanya.

Hal senada juga diutarakan Irdam Kodam XII Tanjungpura, Kolonel (Inf) Sudarmadi. Ia mengatakan dalam hal ini Kodam XII Tanjungpura akan mendukung kampaye bersepeda tersebut.

"Kegiatan ini sangat bagus dan kami akan mensosialisasikan dan mengajak prajurit-prajurit TNI pada hari-hari tertentu ke kantor dengan mengendarai sepeda, karena olahraga bersepeda memang dapat menyehatkan dan mengurangi polusi asap," katanya. (lha/ant/bob)