Asisten 1 Sekda Kukuhkan Paskibraka Kalbar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 369

Asisten 1 Sekda Kukuhkan Paskibraka Kalbar
PENGUKUHAN - Asisten 1 Sekda Kalbar, Alexander Rombonang, mengukuhkan Paskibraka Provinsi Kalbar 2018, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (15/8) sore. (Humas)
PONTIANAK, SP - Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten 1) Sekda Kalbar Alexander Rombonang, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka) Provinsi Kalbar Tahun 2018, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (15/8) sore.

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Provinsi ini merupakan perwakilan dari putra-putri daerah asal 14 Kabupaten Kota se- Kalbar. 

Asisten 1 Sekda Kalbar Alexander Rombonang menyatakan, pengukuhan ini memiliki makna penting dan nilai sejarah, karena sebagai langkah awal bagi anggota Paskibra Provinsi Kalbar yang mewakili setiap kabupaten di Kalbar telah mendapat kepercayaan, dan kehormatan untuk mengemban tugas mulia yaitu, Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih pada Tanggal 17 Agustun nanti.

"Saya berharap, bisa menjalankan tugas dan amanah serta kepercayaan yang diberikan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa semangat dan tanggung jawab," kata Alexander Rombonang.

Asisten 1 Sekda Kalbar juga mengharapkan agar seluruh anggota Paskibraka dapat menjaga kesehatannya. “Jangan tidur terlalu malam dan makan yang cukup, sehingga sewaktu melaksanakan tugas mulia sebagai Anggota Paskibraka Provinsi Kalbar bisa berjalan dengan baik," katanya. 

Sebagai putra-putri terpilih yang mewakili Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, Alexander Rombonang mengatakan sudah seharusnya rasa kebanggaan di hati anak-anak yang terpilih sebagai anggota Paskibraka. 

"Mereka ini juga merupakan representasi dari kemajemukan dan keberagaman bangsa Indonesia. Kalbar sebagai salah satu wilayah yang memiliki berbagai keanekaragaman suku,agama,adat istiadat, budaya, bahasa, namun perbedaan tersebut dapat dipersatukan melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi anggota Paskibraka Provinsi Kalimantan Barat, “ imbuhnya 

Diingatkannya, agar para anggota Paskibraka dalam pelaksanaan tugas nanti, diperlukan kekompakan, saling menghargai dan menghormati di antara para anggota Paskibraka, serta kedisiplinan yang tinggi, selalu menjaga persatuan dan persaudaraan yang telah terjalin selama mengikuti pelatihan, demi tercapainya tujuan bersama untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Sementara itu, Alexander Rombonang yang juga Ketua Umum Panitia Perayaan HUT RI Ke 73 Kalbar, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan pengabdian dan selalu hidup sehat.

"Jadikan kesempatan ini tidak hanya untuk sehat dan bugar, namun bagaimana kita menjadikan semangat kemerdekaan sebagai sarana untuk memberikan yang terbaik bagi negara," ujar Alexander.

Dikatakannya, kegiatan ini akan semakin meningkatkan rasa syukur dan bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan mendedikasikan tanggungjawab sebagai aparatur sipil negara di dalam proses pembangunan bangsa.

"Mari kita mengaktualisasikan potensi diri, guna mengisi kemerdekaan serta membangun tanah air yang kita cintai ini," ajaknya. 

Ketua Umum Panitia juga mengajak untuk menggelorakan terus semangat persatuan dan kesatuan, guna membangkitkan cinta tanah air dan membesarkan bangsa Indonesia dimata dunia. 

"Mari berkarya, karena kerja kita adalah prestasi bangsa," harapannya.

Dijelaskannya, pada momentum ini, ASN diminta menyegarkan kembali semangat dan pikiran melalui aktivitas olahraga serta lomba-lomba yang melibatkan partisipasi seluruh pegawai, semata untuk menyemarakkan kemerdekaan.

"Pada akhirnya bangsa kita akan benar-benar merdeka melalui pemanfaatan sumber daya alam serta sumber daya manusia Indonesia yang mandiri dan berdaya saing," katanya.

Senam Bersama ini juga diikuti oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Setda Kalbar Ny Ratna Yuniar M Zeet, Karo Pemerintah Setda Kalbar Yohanes Budiman, dan diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemprov Kalbar. (hms/nak/bob)