Satlantas Polresta Berikan Perpanjangan SIM Gratis bagi Pengendara Kelahiran 17 Agustus

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 518

Satlantas Polresta Berikan Perpanjangan SIM Gratis bagi Pengendara Kelahiran 17 Agustus
Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Wawan Kristyanto memberikan SIM gratis pada pengendara yang beruntung, Kamis (16/8). (SP/Rah)
PONTIANAK, SP - Menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018, Satlantas Polresta Pontianak memberikan pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. 

Layanan ini diberikan pada 10 orang pengendara yang lahir di tanggal 17 Agustus. 10 SIM gratis tersebut terdiri dari lima SIM A dan lima SIM C. 

Penyerahan dilakukan langsung oleh Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Wawan Kristyanto didampingi oleh Kasat Lantas Polresta dan pihak Bank BRI selaku CSR pendukung di Mapolresta Pontianak, Kamis (16/8) sore.

Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, pemberian SIM perpanjangan gratis ini merupakan Program Polantas Peduli. Ada ratusan masyarakat yang tertarik mengikutinya, namun pihaknya melakukan seleksi bagi 10 orang yang beruntung, yaitu SIM yang benar-benar mati tepat pada tahun ini.

“Ada yang datang pada kita SIMnya mati lebih dari tiga bulan, bahkan ada yang satu tahun. Jadi yang kita ambil memang pas di tahun ini SIMnya mati dan kelahirannya di tanggal 17 Agustus,” jelasnya.

Program Polantas Peduli ini juga disinergikan dengan CSR lain, seperti dengan instansi terkait, LSM dan perusahaan. Perpanjangan SIM gratis dipilih karena pengendara tak perlu mengikuti ujian terlebih dahulu, seperti halnya membuat SIM baru.

Mengingat material SIM di Polresta Pontianak yang habis, berdasarkan arahan dari Direktorat Satlantas Polresta Pontianak, untuk mencetak 10 buah SIM tersebut pihaknya menggunakan material  SIM yang ada pada Polres lain.


Salbiah menambahkan, selain perpanjangan SIM gratis, pihaknya pada tanggal 17 Agustus, setelah upacara penurunan bendera, juga akan membagikan sebanyak 10 ribu masker bagi pengendara di simpang Hotel Garuda, Jalan Tanjungpura.

Beberapa waktu lalu Satlantas Polresta Pontianak juga melakukan pembersihan tempat ibadah, mulai dari Masjid, Gereja, Kelenteng dan juga Pura.

“Kita berusaha untuk melaksanakan program ini dengan mengandeng instansi lain dan CSR,” tambahnya.

Dia berharap agar program ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. (rah)