Pemprov Komitmen Selesaikan Program Pembangunan

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 374

Pemprov Komitmen Selesaikan Program Pembangunan
JEMBATAN KAPUAS - Warga Kota Pontianak sedang bermain air di sekitar Jembatan Kapuas 1. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen menyelesaikan sejumlah program pembangunan, di antaranya yakni aspek infrastruktur, seperti jembatan dan lainnya
PONTIANAK, SP - Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji menyatakan komitmen menyelesaikan berbagai program pembangunan yang ada sesuai pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat Pidato Kenegaraan Sidang MPR RI Tahunan 2018.

"Seperti yang disampaikan Presiden bahwa kita wajib menyelesaikan pekerjaan dan jangan sampai putus di tengah jalan. Amanat ini tentu menjadi atensi bagi kita untuk menyelesaikan berbagai program yang ada," katanya, kemarin.

Saat ini, katanya, pemerintah pusat melalui kepanjangan tangan pemerintah daerah telah melakukan beberapa program seperti pembangunan jembatan di beberapa kawasan seperti di Jawa Barat dan lainnya yang diharapkan untuk tetap dilanjutkan dan jangan berhenti di tengah jalan.

"Makanya dari beberapa program yang ada di Indonesia termasuk di Kalbar, presiden berharap dapat meneruskan dengan segala perjuangan menyejahterakan masyarakat," tuturnya.

Dalam semangat kemerdekaan, diakui Dodi bahwa orang nomor satu di Indonesia itu pun mengharapkan seluruh masyarakat dapat bersatu. Terutama dalam menjalankan roda pemerintahan dari segala bentuk perbedaan yang ada sebagai wujud demokrasi di negara yang telah mencapai usia 73 tahun itu.

"Untuk mewujudkan seluruh program yang dicita-citakan tentu perlu dukungan seluruh komponen bangsa. Sehingga wujud berkeadilan diberikan anak bangsa kepada negara ini nyata dengan menjaga persatuan dan kesatuan," paparnya.

Sebelumnya,
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, banyak pihak yang masih salah pengertian dengan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah saat ini. Menurutnya, banyak pihak yang menilai pembangunan infrastruktur hanya dari segi fisik.
Padahal, kata Jokowi, pembangunan infrastruktur termasuk bagian upaya membangun mental dan karakter bangsa.

"Dalam hal ini, banyak yang masih salah pengertian bahwa ketika kita membangun infrastruktur fisik, seperti jalan tol, bandara, dan juga MRT, LRT, dilihat hanya dari sisi fisiknya, padahal sesungguhnya kita sedang membangun peradaban, membangun konektivitas budaya, membangun infrastruktur budaya baru," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato dalam sidang tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8) kemarin.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur fisik seharusnya dilihat sebagai cara untuk mempersatukan bangsa. Tak hanya itu, pembangunan fisik juga upaya untuk mempercepat konektivitas budaya yang bisa mempertemukan berbagai budaya yang berbeda di seluruh nusantara. "Orang Aceh bisa mudah terhubung dengan orang Papua, orang Rote bisa terhubung dengan saudara-saudara kita di Miangas, sehingga bisa semakin merasakan bahwa kita satu bangsa, satu Tanah Air," ujar Jokowi.

Karenanya, juga selama empat tahun pemerintahan Jokowi-JK, fokus untuk membangun negeri mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote secara merata dan berkeadilan. "Kita ingin rakyat di perbatasan, di pulau-pulau terluar, di kawasan tertinggal merasakan kehadiran Negara Republik Indonesia," kata Jokowi.

Menurutnya, pemerintah juga terus berupaya membangun fondasi yang kokoh untuk menuju Indonesia yang lebih maju. Karena itu, pemerintah juga fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur serta peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa. Jokowi mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur juga bukan hanya dimaksud untuk mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur dari negara lain, tetapi juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru bagi daerah-daerah di Tanah Air.

"Itulah sebabnya infrastruktur tidak hanya dibangun di Jawa, tapi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara, sampai Tanah Papua," ujar Jokowi. (ant/rep/bob)