Pj Gubernur Kalbar Serahkan Remisi 2.469 Napi

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 350

Pj Gubernur Kalbar  Serahkan Remisi 2.469 Napi
REMISI - Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji secara simbolis memberikan remisi umum HUT ke-73 Kemerdekaan RI kepada 2.469 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kalbar, Jumat (17/8).
PONTIANAK, SP - Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji secara simbolis memberikan remisi umum HUT ke-73 Kemerdekaan RI kepada 2.469 para narapidana (Napi) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kalbar, Jumat (17/8).  

"Remisi ini sebenarnya diberikan suatu bentuk rasa keadilan kepada orang yang telah menjalani hukuman dari negara melalui pemerintah selaku penyelenggara negara," kata Dodi Riyadmadji.  

Dikatakannya, memang dari perspektif atau konsep pemberian remisi bagi narapidana adalah sebuah apresiasi pemerintah kepada para warga binaan terhadap tingkah laku yang berbuat baik selama satu tahun menjalani hukuman.  

"Konsep yang diterapkan lembaga pemasyarakatan dan Kemenkumham adalah memberikan apresiasi kepada terpidana  yang sudah mencoba berbuat baik dan bertingkah laku yang baik," jelasnya.   Bagi narapidana umum, Dodi mengatakan selalu ada pemberian ampunan atau remisi kepada mereka.   

"Ini adalah konsep untuk memperbaiki tingkah laku atau memperbaiki sikap narapidana untuk terus berbuat kebaikan," ujarya.  

Sementara itu, untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 ini, Presiden Joko Widodo memberikan pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi narapidana yang telah menunjukan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat yang ditentukan.  

"Remisi merupakan hak yang telah diatur secara tegas dalam Pasal 14 Ayat (1), UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang  Permasyarakat," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona Laoly, dalam sambutan yang disampaikan Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji, saat pemberian Remisi di Lapas Pontianak.  

Dikatakannya, tahun ini Presiden Joko Widodo memberikan remisi kepada 102.976 orang, dengan perincian narapidana yang mendapatkan pengurangan hukuman sebagian sebanyak 100.776 orang, dan narapidana yang langsung bebas karena mendapatkan remisi sebanyak 2.200 orang.   

Kepada seluruh narapidana dan anak yang pada hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas hari ini, Menkumham RI mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  

"Ini sebagai landasan saudara dalam menjalani kembali kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat," katanya.   

"Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan. Kepada saudara Warga Binaan Pemasyarakatan yang belum memperolehnya agar tetap bersabar karena remisi merupakan hak yang akan tetap diberikan sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku," tambah dia. (hms/bob)