Darurat Asap, Kodam XII/TPR Bagikan 15 Ribu Masker

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 313

Darurat Asap, Kodam XII/TPR Bagikan 15 Ribu Masker
Pembagian masker oleh personel Kodam XII Tanjungpura di persimpangan Pasar Flamboyan Pontianak. (SP/Rah)
PONTIANAK, SP - Kota Pontianak dan sekitarnya masih diselimuti asap tebal beserta debu yang merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi dalam beberapa pekan ini.

Namun di tengah kabut asap dan kondisi udara yang sudah masuk dalan kategori sangat tidak sehat ini, masih banyak pengendara, khususnya roda dua yang tidak menggunakan masker.

Melihat kondisi ini, Kodam XII Tanjungpura bersama masyarakat melakukan pembagian sebanyak 15 ribu masker yang terbagi dalam di beberapa titik di Kota Pontianak, Selasa (21/8) pukul 07:30 WIB.

As Intel Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri Wulang Nur Yudhanto menyampaikan bahwa saat ini Kota Pontianak sudah darurat asap yang sudah sangat tebal.

“Sehingga dipandang perlu saat ini untuk dibagikan masker kepada masyarakat, untuk meminimalisir dampak dari asap yang ditimbulkan oleh pembakaran-pembakaran lahan,” ujar As Intel Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Infanteri Wulang Nur Yudhanto, saat dijumpai di persimpangan lampu merah Pasar Flamboyan Pontianak.

Pembagian masker ini dilakukan oleh 50 orang personel Kodam XII/TPR bersama dengan masyarakat peduli, yaitu di persimpangan lampu merah Pasar Flamboyan, lampu merah Jalan Tanjungpura, persimpangan lampu merah Jalan Diponegoro, persimpangan lampu merah Kantor Pajak, Bundaran Untan dan di depan RS Antonius.

“Diharapkan dengan kita bagikan masker-masker ini, dapat membantu masyarakat, khususnya bagi anak-anak kecil yang mungkin akan sangat terganggu dan berdampak sangat besar,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga, dia mengajak dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk bersama-sama, menyosialisasikan agar tidak membakar lahan atau hutan demi alasan kegiatan apapun agar seluruh masyarakat dapat mendapatkan udara yang bersih. (rah)