Ingin Lestarikan Budaya, Tanto Undang Ki Joko Sunarno Ndalang di Pontianak

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 584

Ingin Lestarikan Budaya, Tanto Undang Ki Joko Sunarno Ndalang di Pontianak
Ki Joko Sunarno dan Tanto berfoto bersama di lokasi pertunjukan. IST
PONTIANAK, SP – Dalang kondang asal Jawa Tengah, Ki Joko Sunarno akan manggung di Jalan HM Suwignyo, Gang Margodadirejo, Pontianak, Sabtu (25/8) malam. Dia akan ndalang dengan lakon berjudul “Wisanggeni Kromo”.

Kedatangan dalang yang sudah malang melintang di kesenian wayang itu atas inisiatif Kodrat Swastanto (27). Pemuda peranakan Jawa ini merasa ingin menggemakan budaya Indonesia yang dirasa kian terlupakan generasi muda.

“Kenapa dalang dari Jawa, karena Ki Joko Sunarno terkenal di sana. Penontonnya di YouTube pun lumayan,” ceritanya, Jumat (24/8).

Tanto, sapaan akrabnya merasa ingin kembali mengenalkan kebudayaan Jawa ke pemilik budaya tersebut. Apalagi dia tinggal di lingkungan yang mayoritas berasal dari pulau Jawa. Kesenian wayang kulit sengaja dipilih lantaran keluarganya, menggandrungi pertunjukan yang digelar semalam suntuk itu.

Dalang yang dipilih pun tak sembarangan. Dia berharap nama besar dalang bisa memancing orang untuk datang dan menonton. Malah dia ingin, ada orang yang malah tertarik untuk belajar secara langsung.  

“Di Pontianak juga banyak orang Jawa, semoga ini bisa jadi hiburan bersama,” sambungnya.

Ki Joko Sunarno memang dalang kondang di Jawa. Di mesin pencarian Google, ketika mengetik namanya, akan muncul banyak video ketika dia ndalang. Tidak diunggah oleh satu channel, melainkan beragam. Penontonnya pun sampai ribuan.

Tanto ingin pertunjukan Sabtu malam ini bisa jadi hiburan dan menghapus rindu masyarakat, khususnya peranakan Jawa di Pontianak akan pertunjukan wayang kulit. Dia pun merasa spesial karena pagelaran tersebut dilangsungkan di hari yang sama dengan resepsi pernikahannya, usai mempersunting seorang perempuan Sekadau. (bls)